Sukses

Tata Cara Sholat Tasbih dan Manfaatnya, Bisa untuk Menghapus Dosa

Liputan6.com, Jakarta Sholat sebagai salah satu dari rukun Islam tentu merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan bagi setiap muslim. Namun lebih dari itu sebetulnya sholat tidak hanya merupakan kewajiban tetapi juga merupakan kebutuhan bagi kaum yang beriman, karena sholat merupakan tiang agama

Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW

“Sholat adalah tiang agama. Barang siapa yang menegakkan shalat,maka berarti ia menegakkan agama, dan barang siapa yang meninggalkan shalat berarti ia merobohkan agama”. (HR. Bukhari Muslim)

Kebahagiaan hakiki bagi setiap muslim adalah manakala ia mampu mendekatkan diri kepada Sang Khalik, saat mana ia akan selalu merasakan begitu nikmat dan tenteram dalam menjalani hidup dan kehidupan.

Sebagai langkah untuk medekatkan diri kepada Sang pencipta, maka adanya ibadah sholat Sunnah, yang dianjurkan untuk dilakukan, seperti sholat tahajud, sholat dhuha, sholat rawatib, sholat tasbih dan lain-lain.

Kali ini, Kamis (17/1/2019) Liputan6.com membahas tata cara sholat tasbih dan manfaatnya yang tentunya bisa menjadi amalan kamu. Sholat ini dinamakan sholat tasbih atau tasabih kerana didalamnya mengandungi 300 tasbih. Lafaz tasbih: Subhanallah, wal hamdulillah, wala ilaha illa Allah, wallahu akbar.

Dengan mengetahui tata cara sholat tasbih dan manfaatnya,  kamu bisa lebih  mendekatkan diri pada Allah SWT. Jadi, jangan lupa untuk langsung kamu laksanakan ya setelah membaca tata cara sholat tasbih dan manfaatnya.

Kamu juga bisa berbagi kepada temanmu untuk artikel tata cara sholat tasbih dan manfaatnya, agar temanmu juga bisa melakukan dan mengetahui manfaatnya.

Berikut artikel yang kami rangkum dari berbagai sumber, simak terus  tata cara sholat tasbih dan manfaatnya.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Solat Tasbih

Sholat Tasbih sama seperti solat-solat sunat yang lain, hanya saja sholat tasbih mengandungi bacaan tasbih yang banyak. Sholat ini dilakukan sebanyak 4 rakaat. Jika dilakukan pada malam hari, lakukanlah 2 rakaat dengan satu salam, kemudian teruskan dua rakaat lagi dengan satu salam.

Jika dilakukan pada siang, lakukanlah 4 rakaat berterusan dengan satu salam saja.

Tatacara sholat Tasbih telah dijelaskan oleh Rasulullah kepada bapa saudaranya, Abbas seperti hadist  berikut.

Sabda Rasulullah: Sembahyanglah empat (4) rakaat. Engkau bacakan pada setiap rakaat, Surah al-Fatihah dan diikuti dengan membaca surah. Selepas itu bacalah (tasbih): Allahhu akbar, walhamdulillahi, wasubhana Allah 15 kali sebelum engkau ruku”. Kemudian ruku’ dan baca (tasbih) 10 kali. Kemudian angkat kepala kamu (‘iktidal) dan baca (tasbih) 10 kali. Kemudian sujud, bacalah (tasbih) 10 kali. Kemudian angkat kepala engkau (duduk antara dua sujud) dan bacalah (tasbih) 10 kali. Kemudian sujud dan bacalah (tasbih) 10 kali dan sebelum engkau bangun berdiri (10 kali tasbih). Maka kesemua itu 75 (tasbih) pada setiap rakaat, dan jumlah semuanya pada 4 rakaat sebanyak 300 kali. (HR Turmuzi)

3 dari 3 halaman

Manfaat Sholat Tasbih

1. Tasbih merupakan Kalimat yang paling dicintai oleh Allah.

"Suatu hari Rasulullah ditanya apakah ucapan yang paling unggul? Rasulullah menjawab:‘Yang dipilih Allah swt terhadap para malaikat-Nya dan hamba-Nya adalah ucapan: Subhanallahi wa bihamdihi" (HR. Muslim)

Dari hadist di atas Allah menyukai tasbih, maka perbanyaklah bertasbih.

2. Memberatkan amal timbangan

Rasulullah bersabda, “Ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal dan keduanya disukai oleh Allah, yaitu: Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim’”(HR. Bukhari dan Muslim).

Tentunya tidak ada yang ingin amal perbuatan buruknya lebih berat daripada baiknya, maka dengan solat tasbih akan memberatkan amal timbangan.

3. Akan Menghapuskan semua dosa

Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang mengucapkan: Subhanallahi wa bi hamdihi 100 kali, maka Allah akan menghapuskan kesalahannya meskipun kesalahannya itu sebanyak buih dilautan’’ (HR. Bukhari dan Muslim)

Setiap manusia pasti memiliki dosa, terkadang merasa bahwa dosa kita menumpuk. Maka, dengan solat tasbih mampu menghapuskan semua dosa.

4. Punya perkebunan kurma di surga nanti

‘’Barangsiapa yang mengucapkan: Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi, maka ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga’’(HR. Tirmidzi)

Siapa yang tidak mau masuk surga? Apalagi ditambah dengan perkebunan kurma di surga nanti.

5.  Senjata menghadapi persoalan besar

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah, RA bahwa jika Rasulullah SAW menghadapi persoalan penting, maka beliau mengangkat kepalanya ke langit sambil mengucapkan: Subhanallahil azhim, dan jika beliau bersungguh-sungguh dalam berdoa, maka beliau mengucapkan: Ya hayyu ya qoyyum”. (HR.Tirmidzi)

Terkadang kita memiliki masalah yang besar hingga rasanya kita tidak mampu menyelesaikannya. Dengan solat tasbih akan mempermudah menyelesaikan masalahmu, dan perasaanmu tentu akan lebih tenang. Ingatlah bahwa disetiap kesulitan pasti aka nada kemudahan yang diturunkan oleh Allah.

Nah. Uraian diatas adalah tata cara sholat tasbih dan manfaatnya, sangat bermanfaat bukan solat tasbih? Jangan lupa untuk melakukannya ya!

 

Reporter: Tyas Titi Kinapti

 

40 Polisi Tewas di Kashmir, India Salahkan Pakistan

Tutup Video