Sukses

12 Fakta Mencengangkan Tentang Tubuh Manusia yang Tak Anda Sadari

Liputan6.com, Jakarta - Selama berabad-abad, tubuh manusia adalah subjek penelitian dan eksperimen. Akan selalu ada hal baru yang diungkap dari tubuh manusia.

Misalnya saja, beberapa fakta berikut ini yang dirangkum dari Brightside.me.

1. Tubuh manusia dapat bertahan dari sambaran petir

Sebanyak 9 dari 10 yang pernah disambar petir, selamat dari hal tersebut. Itu bahkan tidak tergantung pada keadaan tubuh seseorang karena rentang usia para penyintas sambaran petir mulai dari anak-anak hingga orang tua berusia 50-an.

2. Sakit gigi dan sakit kepala itu saling terkait

Pernahkah Anda menyadari bahwa sakit gigi terkait dengan sakit kepala? Ini dikarenakan terdapat saraf trigeminal yang melewati rahang ke kepala Anda. Keduanya biasanya berjalan seiring bahkan saat sakit sekalipun.

3. Otak manusia lebih aktif saat tidur

Tahapan proses tidur manusia ditemukan pada tahun 1950-an dan menurut penelitian, otak kita lebih sibuk ketika tidur daripada saat bangun.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 4 halaman

4. Manusia satu-satunya hewan yang bisa bersemu merah

Wajah manusia bisa bersemu merah saat malu atau tersipu. Ini merupakan respon psikologis atau fisik terhadap lingkungan kita. Manusia satu-satunya hewan dari Kingdom Animalia yang bisa melakukannya.

5. Otak tak dapat merasakan sakit tapi mengambil seperempat oksigen tubuh

Otak kita tidak memiliki ujung saraf yang mencatat rasa sakit. Tapi, agar otak dapat berfungsi, dibutuhkan hingga 25% dari semua oksigen yang didapatkan dari tubuh Anda.

6. Rambut wajah adalah rambut yang tumbuh paling cepat di tubuh

Jika Anda bertanya pada pria, mereka akan menyetujui yang satu ini. Rambut di wajah pada kenyataannya tumbuh lebih cepat ketimbang rambut yang tumbuh di bagian tubuh lainnya.

7. Panjang seluruh pembuluh darah yang mencengangkan

Jika Anda menarik seluruh pembuluh darah di tubuh dan merentangkannya, maka panjangnya mencapai 96 ribu kilometer untuk anak-anak atau lebih dari itu untuk orang dewasa.

 

3 dari 4 halaman

8. Jantung perempuan berdetak lebih cepat

Ilmuwan Kanada mengungkapkan bahwa jantung perempuan berdetak lebih kencang sekitar 1,7-2,3 jam dari laki-laki.

9. Hati memiliki lebih dari 500 fungsi

Hati mungkin salah satu bagian tubuh di manusia yang amat sibuk. Ia melakukan segalanya mulai dari menyaring darah, mengurai dan menyerap lemak, memproses kolestrol dan vitamin, dan lainnya.

10. Asam di perut dapat melelehkan logam

Dapatkah Anda bayangkan jika Anda membawa sekantung asam sangat kuat setiap saat? Ya, itulah yang ada di dalam lambung. Saking kuatnya, asam lambung dapat melelehkan logam.

 

4 dari 4 halaman

11. Kaki menghasilkan lebih dari 2 liter air

Kaki memiliki lebih dari 500 ribu kelenjar keringat. Pada hari yang panas, ini bisa menghasilkan lebih dari 2 liter keringat tiap hari.

12. Batuk yang sangat kencang

Batuk Anda sebenarnya bisa mencapai kecepatan hingga 80 km per jam. Ini berarti lebih cepat daripada batas kecepatan mobil di beberapa tempat.