Sukses

Bebas Ketiak Hitam dengan 4 Bahan Alami Ini, Coba Deh

Liputan6.com, Jakarta Punya ketiak mulus dan cerah pastinya diinginkan banyak orang. Namun masalah utama yang kerap kali bikin kita tak percaya diri yakni ketiak menghitam. Masalah tersebut ternyata dialami oleh pria maupun wanita.

Kulit hitam pada ketiak sebenarnya bisa disebabkan karena sejumlah faktor. Mulai dari mencukur, penumpukan sel kulit mati, warna kulit tak merata hingga gangguan kesehatan.

Jika kamu berniat untuk mengakhiri masalah kulit menghitam pada ketiak, mungkin bahan alami mampu membantumu. Selain murah meriah, empat bahan ini mudah ditemukan di dapur serta tak butuh biaya yang mahal.

Dilansir dari berbagai sumber, ini bahan-bahan alami mengurangi ketiak menghitaman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

2 dari 5 halaman

1. Lemon

Lemon punya kandungan antibakteri dan antiseptik, jadi bukan hal yang aneh kalau lemon kerap digunakan sebagai bahan pembersih. Di samping itu, lemon juga memiliki kandungan untuk mencerahkan kulit.

Agar mengatasi kulit ketiak menghitam dengan lemon, kamu hanya perlu mengoleskan bagian buah lemon pada ketiak selama 15 menit sebelum mandi. Akan lebih bagus jika kamu rutin mengoleskan lemon pada ketiak selama dua kali dalam sehari.

3 dari 5 halaman

2. Tomat

Selain sebagai antioksidan, tomat dipercaya efektif membuat kulit lebih cerah. Uniknya, tomat juga memiliki kemampuan untuk mengurangi keringat berlebih pada ketiak.

Kamu hanya perlu oleskan potongan tomat pada area kulit ketiak dengan rutin. Menggunakan jus tomat pada ketiak selama semalaman, juga membantu mengurangi warna hitam pada ketiak.

4 dari 5 halaman

3. Kunyit

Di India, kunyit merupakan bahan nomor satu yang tak hanya digunakan untuk hidangan saja tapi juga kesehatan. Namun fungsi dari kunyit ini juga merambat sebagai bahan untuk merawat tubuh. Kandungan curcumin pada kunyit mampu meingkatkan warna kulit menjadi lebih cerah.

Untuk area ketiak, akan lebih baik bubuk kunyit dicampurkan dengan jus lemon. Tekstur dari lemon dan kunyit kemudian dioleskan pada ketiak selama 15 menit lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maksimal.

5 dari 5 halaman

4. Kentang

Kentang memiliki kandungan enzim yang dinamakan catecholase, yang mampu kembalikan warna kulit yang telah teriritasi. Hal yang perlu kamu lakukan cukup dengan menyerut kentang lalu oleskan kentang tersebut ke bagian ketiakmu sampai 30 menit.