Sukses

Agar BB Tak Naik Lagi Setelah Diet, Ini 10 Kebiasaan yang Harus Dilakukan

Bagaimana caranya berat badan yang diinginkan tetap stabil setelah diet?

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan orang yang diet akan mendapatkan kembali 50 persen dari berat yang hilang di tahun pertamanya. Sebagian besar sisanya akan mendapatkan kembali dalam tiga tahun berikutnya.

Lalu, bagaimana caranya berat badan yang diinginkan tetap stabil setelah diet? Berikut 10 kebiasaan baik yang harus Anda bentuk bila menginginkan hal tersebut seperti dilansir dari Sciencealert.com.

1. Membuat rutinitas makan

Makanlah kira-kira pada waktu yang sama setiap hari. Orang yang sukses dalam penurunan berat badan jangka panjang cenderung memiliki ritme makan yang teratur.

2. Pilihlah lemak yang sehat

Biasakan untuk memilih mengonsumsi lemak sehat seperti dari kacang, alpukat, dan minyak ikan. Jauhi makanan cepat saji yang memiliki lemak jahat. Lemak trans biasanya dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Banyak bergerak

Cobalah Anda menargetkan untuk 10 ribu langkah sehari. Naik tangga dan turunlah sedikit agak jauh dari tempat bus untuk memastikan detak jantung Anda meningkat setiap hari.

4. Membawa camilan sehat ketika keluar rumah

Tukarlah keripik dan biskuit dengan buah segar. Biasakan membawa air putih sendiri agar Anda tak perlu membeli minum di luar.

5. Selalu memperhatikan label makanan

Periksa kandungan lemak, gula, dan garam pada label makanan yang Anda beli. Ini akan membantu Anda mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh.

 

3 dari 4 halaman

6. Perhatikan porsi makan Anda

Gunakan piring yang lebih kecil dan minum segelas air baru kemudian tunggu lima menit untuk mengecek apakah Anda masih merasa lapar.

7. Mengurangi kebiasaan duduk

Waktu yang dihabiskan karena kurang bergerak berkaitan dengan kelebihan berat badan dan obesitas. Karena itu, ada baiknya Anda meningkatkan waktu aktivitas Anda.

8. Memilih minuman yang sehat

Pilihlah air putih dan kurangi minuman manis. Jus buah memang baik, tapi ada baiknya membatasi cukup satu gelas kecil sehari karena kadar gula buah yang tinggi.

 

4 dari 4 halaman

9. Fokus pada makanan

Makanlah sambil duduk dan kunyahlah pelan-pelan. Sinyal rasa lapar maupun kekenyangan biasanya tak terlalu efektif saat Anda duduk ketimbang makan sambil beraktivitas.

10. Tetapkan lima porsi sayuran setiap hari

Buah dan sayur memiliiki kualitas nutrisi yang tinggi dan kepadatan energi yang rendah. Makan dalam jumlah yang disarankan dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung koroner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.