Sukses

Gurun Ajaib, Cuma Muncul 3 Bulan dalam 1 Tahun

Gurun pasir ini hanya muncul selama 3 bulan dalam 1 tahun. Kok bisa?

Liputan6.com, Jakarta Biasanya saat kita membicarakan soal gurun pasir, kita akan membayangkan satu tempat yang tertutup pasir sepanjang tahun. Tapi tidak demikian dengan gurun pasir yang satu ini.

Terletak di Taman Nasional Lencois Maranhenses, timur laut Brasil, gurun pasir ini hanya muncul selama 3 bulan dalam 1 tahun. Kok bisa?

Jadi, selama musim kemarau, di taman nasioanl tersebut akan muncul hamparan padang pasir berwarna putih. Uniknya, pada Juli sampai September, tempat itu akan berubah menjadi oasis dengan air berwarna biru jernih.

Para pengunjung yang datang bisa berenang di oasis tersebut karena airnya hangat dan tenang. Lalu, bagaimana hal itu bisa terjadi? Padahal, sejatinya Taman Lencois bukan gurun pasir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Melansir dari Huffingtonpost, hujan lebat yang terjadi dari Januari hingga Juni akan membentuk kolam-kolam besar di sekitar tempat tersebut. Malahan ada yang panjangnya mencapai 10 meter.

Setelah bulan September, denggan angin yang semakin kuat, kolam-kolam itu akan hilang. Seolah tidak perrnah ada di sana.

Yang menarik, ikan-ikan di kolam itu juga bisa hilang dan muncul di tempat tersebut. Ternyata ini dikarenakan laguna yang terbentuk di taman nasionnal itu terhubungan dengan sungai tak jauh dari sana.

Terdengar menarik, tapi lokasi taman nasional ini cukup terpencil. Anda harus naik mobil sekitar 4 jam dari kota Barreirinhas. Lalu perjalanan dilanjutkan dengan bantuan guide lokal atau grup perjalanan agar tak tersesat di taman yang luas.

Penulis: Qonnita Latifa

Sumber: Dream.co.id

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.