Sukses

Tempat Wisata di Jakarta Terlengkap 2018, Tak Cuma Kota Tua dan Dufan!

Jakarta Jakarta yang merupakan ibukota dari Indonesia mungkin identik dengan pusat bisnis dan pusat pemerintahan. Namun bukan berarti Jakarta adalah tempat yang tidak layak untuk dikunjungi. Justru, banyak sekali tempat wisata di Jakarta yang bisa jadi pilihan Anda untuk mengunjungi hiruk pikuknya ibukota.

Tempat wisata di Jakarta bahkan cukup beragam. Tempat wisata bertema keluarga, ramah anak, taman hiburan, taman kota, wisata malam, wisata kuliner, wisata pendidikan, wisata budaya, hingga wisata alam, semua ada di Jakarta.

Jadi mari kita telusuri Jakarta untuk mencari tempat wisata di Jakarta yang paling cocok untuk Anda, seperti dirangkum Liputan6.com pada Rabu (11/7/2018). Berikut ulasannya.

2 dari 16 halaman

Tempat wisata di Jakarta Selatan

Sebagai salah satu dari lima kota administrasi di DKI Jakarta, Jakarta Selatan adalah salah satu tempat paling menarik di ibukota bagi anak 'gaul' karena merupakan tempat pertumbuhan pembangunan dan distrik bisnis super cepat yang dibarengi dengan munculnya kafe serta pusat perbelanjaan baru.

Berikut beberapa destinasi yang bisa jadi tempat wisata di Jakarta Selatan.

1. Setu Babakan

Terkenal sebagai kampung pelestarian budaya Betawi, Setu Babakan berada di lahan seluas 30 hektar yang terdiri dari 3 danau buatan yang mendapat air dari Sungai Museum. Terletak di Jagakarsa, area Setu babakan terkenal dengan sepeda perahu angsa serta rumah-rumah khas Betawi untuk melestarikan budayanya. Tak lupa banyak juga keseniah khas betawi serta kuliner khas Betawi.

3 dari 16 halaman

2. Pasar Santa

Pasar Santa awalnya merupakan pasar tradisional biasa. Namun pada 2014 silam, Pasar Santa terkenal di kalangan anak "hits" karena munculnya kedai kopi, warung makan dengan menu modern, toko baju anak muda, serta toko aksesori. Bahkan juga ada toko piringan hitam serta barang antik. Pasar ini terletak di Kebayoran Baru.

4 dari 16 halaman

3. Museum di Tengah Kebun

Menjadi salah satu tempat terunik di Jakarta Selatan, Museum di Tengah Kebun merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan yang masih jarang orang tahu. Bahkan, jika ingin ke sana, Anda diharuskan membuat janji terlebih dahulu kepada pengurus museum. Museum yang ada di Kemang Timur ini memiliki 4.000 koleksi benda bersejarah dari berbagai negara, yang mulanya merupakan koleksi pribadi seorang pengusaha. Tempatnya pun sebenarnya terletak di rumah pribadinya.

5 dari 16 halaman

Tempat wisata di Jakarta Timur

Untuk tempat wisata di Jakarta Timur yang didominasi area pemukiman, sepertinya destinasi wisata terlengkap dan termurah adalah Taman Mini Indonesia Indah. Ada banyak sekali destinasi yang bisa dikunjungi di area TMII saja, mulai dari Taman Anggrek Indonesia Permai, Among Skyworld, Kelenteng Kong Miao, Taman Akuarium Air Tawar, Museum Minyak dan Gas Bumi Graha Widya Patra, Museum Pusaka, Museum Fauna Indonesia, Museum Prangko, Museum Serangga dan Taman Kupu, Museum Telekomunikasi, Museum Transportasi, Museum Olahraga, Taman Budaya Tionghoa, Museum Timor Timur, dan masih banyak lainnya.

6 dari 16 halaman

Tempat wisata di Jakarta Barat

Tempat wisata di Jakarta Barat bisa dengan mudah dinal dengan kawasan Kota Tua, Petak Sembilan yang merupakan Chinatown-nya Jakarta, serta berbagai wisata belanja dan kuliner. Mari kita bahas bersama.

1. Kota Tua

Kawasan Kota Tua Jakarta ini dulunya adalah pusat Pemerintahan Batavia. Terdapat balai kota lawas yang merupakan kantor dari Gubernur Jenderal VOC. Status cagar budaya dari kawasan ini membuat bangunan bersejarah di sini masih terawat dengan baik.

Berbagai destinasi seperti Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Mandiri, Toko Merah, dan masih banyak yang lainnya.

2. Petak Sembilan

Berada di Glodok yang merupakan pecinan atau Chinatown-nya Jakarta, Petak Sembilan adalah kawasan yang mempertahankan nuansa Tionghoa sepanjang tahun seperti berbagai lampion merah dan makanan pinggir jalan a la Chinatown di berbagai penjuru dunia. Berbagai toko yang menjual peratalan sembahyang serta suasana baru karena hampir semua orang berbicara dengan bahasa Mandarin atau Hokkien, membuat Petak Sembilan layak dikunjungi.

Di area Petak Sembilan juga terdapat Vihara Dharma Bhakti yang lebih dikenal dengan Kim Tek Le. Ini adalah salah satu Kelenteng tertua di Jakarta. Kelenteng ini adalah pusat perayaan hari besar Tionghoa di Jakarta. Tak cuma itu, terdapat beberapa atraksi seperti Festival Cioko atau Festival Hantu Kelaparan.

7 dari 16 halaman

3. Wisata Belanja Asemka dan ITC Roxy Mas

Di area Kota Tua, terdapat Pasar Asemka yang terkenal sebagai grosir aksesori, mainan anak, ATK, perlengkapan pesta, suvenir pernikahan, dan banyak yang lainnya. Asemka adalah tempat yang menarik untuk berbelanja karena Anda akan mendapat harga sangat murah jika jago menawar.

Nah, jika Anda ingin berburu gadget, ITC Roxy Mas atau Roxy tempatnya. Roxy merupakan pusat penjualan elektronik terbesar, terlengkap, dan termurah di Jakarta.

8 dari 16 halaman

4. Mie Abang Adek dan Seblak Jeletet Murni

Selain berbagai tempat wisata di Jakarta Barat yang menarik, wisata kuliner Jakbar juga bikin ngiler. Ada dua yang paling hits dan paling terkenal di antara para pengguna medsos dan Youtube, yakni Mie Abang Adek dan juga Seblak Jeletet Murni. Keduanya bercita rasa pedas dan terkenal sebagai ajang "Challenge" bagi Anda pecinta tantangan makan pedas.

9 dari 16 halaman

Tempat wisata di Jakarta Utara

Karena terletak di utara, tentu tempat wisata di Jakarta Utara identik dengan laut. Hal ini sebenarnya membuat Jakarta Utara punya banyak destinasi wisata, selain beberapa yang sudah ada seperti Ancol dengan Dufan dan Sea World-nya. Terlebih lagi kini pembangunan di Jakarta makin ke arah utara, sehingga destinasi pun makin banyak. Mari kita ulas beberapa tempat wisata di Jakarta Utara.

1. Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke adalah hutan bakau yang berlokasi di depan perumahan Pantai Indah kapuk. Seperti banyak hutan bakau lain, titik paling menarik di tempat ini adalah jembatan kayu yang bisa membawa Anda mengeksplorasi hutan yang indah ini.

2. Pelabuhan Sunda Kelapa

Tempat wisata di Jakarta Utara yang sudah pasti jadi destinasi menarik adalah Pelabuhan Sunda Kelapa. Suasana masa lampau kental terasa di tempat ini, dengan dermaga dan perahu besar berjenis phinisi yang bersandar di sana. Bagi Anda yang hobi foto, tempat ini cocok untuk mengisi feed Instagram Anda.

10 dari 16 halaman

3. Sentra perikanan Muara Angke

Surga kuliner bagi pecinta seafood memang berada di utara Jakarta. Tempat wisata di Jakarta Utara ini sebenarnya berupa pasar ikan tempat bongkar muat hasil tangkapan nelayan, namun Anda bisa makan ikan bakar segar di tempat ini dengan harga miring karena tawar menawar sudah merupakan hal lazim.

11 dari 16 halaman

Tempat wisata di Jakarta Pusat

Jakarta Pusat adalah kota administrasi paling kecil yang ada di DKI Jakarta. Meski demikian, JakPus adalah memiliki banyak tempat wisata di Jakarta yang bernuansa sejarah serta bersifat landmark. Berikut beberapa ulasannya.

1. Monas, Istiqlal, Museum Gajah

Di pusat kota Jakarta, Anda akan mendapati beberapa landmark khas dari Jakarta yakni Monas atau Monumen Nasional, Masjid Istiqlal, serta Museum Gajah. Monas terletak di lapangan Merdeka seberang Istana Negara. Sementara Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara yang dibangung di atas area hampir 10 hektar. Istiqlal juga bersebelahan dengan Gereja Katedral yang melambangkan toleransi di Indonesia.

Dalam satu area, terdapat juga museum gajah atau Museum Nasional Indonesia yang memang terdapat patung gajah hadiah dari Raja Thailand Chulalongkorn di bagian depannya. Museum ini berisi 140 ribu benda bersejarah, mulai benda purbakala, artefak, arca, dan naskah kuno.

2. Pasar Baru, Pasar Tanah Abang, Pasar Tanah Abang, Pasar Senen

Jakarta Pusat juga merupakan surga belanja dengan berbagai pasar yang tersebar di seluruh area JakPus. Di Sawah Besar, terdapat Pasar Baru yang menjual beragam barang fashion dengan harga murah dan up-to-date. Terdapat juga Pasar Tanah Abang yang berisi grosiran pakaian dan aksesoris, serta foodcourt. Pasar ini adalah pusat perbelanjaan pakaian terbesar di Asia Tenggara. Sama seperti kedua pasar di atas, Pasar Senen juga menawarkan grosiran pakaian kekinian dengan harga murah.

12 dari 16 halaman

3. Bakmi Gang Kelinci, Rumah Makan Medan Baru, Soto Betawi H. Maruf, Pecenongan, Ragusa Es Krim

Selain berbagai tempat wisata di Jakarta Pusat yang bertema landmark dan juga pusat belanja, Jakpus juga surga kuliner. Mulai dari Bakmi Gang Kelinci dengan Chinese Food-nya, Rumah Makan Medan Baru dengan Gulai Kepala Ikan yang terkenal hingga luar negeri, Soto Betawi H. Maruf legendaris yang berdiri sejak 1940, Pecenongan yang jadi pusat kuliner pinggir jalan, serta Ragusa Es Krim yang legendaris.

4. Jalan Jaksa

Jalan Jaksa adalah jalanan favorit para wisatawan penenteng tas punggung karena akomodasi di area sana yang murah meriah. Hal ini membuat tempat ini banyak berisi turis mancanegara yang tertarik dengan deretan penginapan murah, kafe klasik, rumah makan khas Jakarta, serta tempat hiburan malam.

13 dari 16 halaman

Tempat wisata di Jakarta bernuansa alam

Jika berbicara soal tempat wisata di Jakarta yang bernuansa alam, sulit rasanya tidak menyebut Kepulauan Seribu. Gugusan kepulauan yang berada 45 kilometer utara Jakarta ini terdiri dari ratusan pulau berpasir putih dengan lautan berterumbu karang yang indah. Ada beberapa pulau yang menarik di Kepulauan Seribu.

Jika Anda tertarik dengan olahraga air, Pulau Untung Jawa bisa jadi pilihan. Terdapat berbagai fasilitas seperti Snorkeling, Banana Boat dan lainnya di pulau Ini. Jika Anda tertarik dengan keindahan bawah laut, Pulau Pramuka bisa jadi puluhan Anda. Dengan keanekaragaman hayati yang dilestarikan, Anda bisa dengan mudah melihat penyu dan jika beruntung, Hiu. Di sini, penyu juga dibudidayakan. Pulau Harapan juga salah satu destinasi snorkeling di Kepulauan Seribu yang menawarkan pemandangan laut yang paling terjaga dibanding yang lain.

 

Jika berbicara soal pemandangan, area di kepulauan Seribu dengan pemandangan terindah adalah Pulau Pari. Dengan pasir putih, pantai yang bersih, lautan berwarna hijau bening, Pulau Pari tentu bisa jadi destinasi Anda jika ingin rileks. Pulau Onrust juga menarik dari sisi pemandangan karena terdapat sebuah benteng Belanda yang masih berdiri hingga sekarang.

 

Terakhir terdapat Pulau Tidung yang terdiri dari Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil yang dihubungkan dengan sebuah jembatan bernama jembatan Cinta. Tidung merupakan salah satu destinasi paling populer di Kepulauan Seribu dengan pasir putih, air bening, dan pemandangan laut menawan.

14 dari 16 halaman

Tempat wisata di Jakarta yang murah

1. Taman Tabebuya

Diambil dari nama pohon yang banyak ditanam di taman tersebut, Taman Tabebuya ini adalah taman yang dipenuhi dengan bunga indah yang bertahan mekar di musim berbunga. Uniknya, saat berbunga, bunga Tabebuya ini akan terlihat mirip dengan bunga Sakura.

Terletak di Jagakarsa, Taman Tabebuya ini adalah area yang menarik untuk dijadikan lokasi piknik dan berfoto-foto karena gratis.

2. Taman Ayodya

Taman Ayodya adalah taman yang ramai dan salah satu tempat wisata di Jakarta Selatan. Desain tamannya cukup menarik dan menarik masyarakat untuk nongkrong berlama-lama di sini. Titik orang untuk berlama-lama di Ayodya terletak di undak-undakan yang berbentuk seperti tempat duduk amphitheater yang membuat tempat ini cozy untuk nongkrong. Taman ini terletak di Barito yang membuatnya strategis.

15 dari 16 halaman

3. Taman Agrowisata Cilangkap

Dengan suasana teduh dengan pepohonan dan danau, Taman Agrowisata Cilangkep merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta Timur yang menawarkan Anda suasana santai di tengah hiruknya Jakarta. Berbagai arena olahraga serta memancing merupakan wahana lain yang ditawarkan lebih dari sekedar suasana. Untuk ke tempat ini, Anda tak butuh bayar tiket masuk, hanya parkir kendaraan pribadi saja.

4. Kampung Artis

Kampung Artis adalah kampung buatan yang memang didesain khusus untuk pengambilan gambar film maupun sinetron. Terletak di Cipayung, lokasinya cukup dekat dengan TMII. Ada sekitar 30 lebih replika bangunan yang dibuat mirip dengan asli, seperti sekolah, banunan kuno, rumah, rumah sakit, masjid, dan lainnya. Ada juga taman dan jalanan. Untuk masuk ke area Kampung Artis ini, Anda tidak perlu membayar karcis.

5. Hutan Kota Srengseng

Berada di Jakarta Barat tepatnya di Jalan Haji Kelik, Hutan Kota Srengseng adalah daerah resapan berupa hutan konservasi dengan luas 15 hektar. Sebagai sarana rekreasi dengan suasana rimbun dan sejuk di tengah JakBar, Hutan Kota Srengseng cuka dikenakan karcis masuk 1.000 Rupiah plus parkir kendaraan pribadi.

6. Taman Cattleya

Taman Cattleya merupakan sebuah taman di area Tomang, Jakarta Barat, yang kerap dijadikan lokasi pengambilan gambar untuk film ataupun sinetron. Berbagai bangku, pepohonan, dan taman, membuat kita betah sekali berlama-lama di sini. Terlebih lagi, masuk ke taman ini gratis.

16 dari 16 halaman

7. Tribeca Park

Tribeca Park merupakan taman indoor di dalam mal megah Central Park di Tanjung Duren, Grogol. Taman di mal ini punya pepohonan rindang dan juga tanaman hias yang menarik.

Tempat wisata di Jakarta untuk anak

1. KidZania

Berlokasi di mal Pacific Place, KidZania merupakan taman hiburan yang cocok dan mendidik bagi anak-anak. Di sini, anak Anda akan bisa merasakan serunya menjajal profesi orang dewasa.

2. Playparq Kemang

Playparq adalah taman bermain indoor dan outdoor bagi anak yang berisi permainan seperti flying fox, super sliding, serta trampoline. Tiket masuk dan bermain di Playparq dibanderol 30.000 hingga 100.000 Rupiah.

3. The Wave Pondok Indah Water Park

Bersebelahan dengan Pondok Indah Mall, The Wave merupakan wahana air yang cocok untuk rekreasi keluarga. Berbagai wahana seperti ember raksasa, seluncur Whizzard Slide dan Tube Slide, serta Lazy River yang merupakan kolam arus santai. Ada juga Flow Rider yang merupakan simulasi surfing. Harga tiket 100.000 hingga 150.000, serta tambahan 55.000 untuk wahana Flow Rider.

4. RPTRA Jakarta

RPTRA atau merupakan kependekan dariRuang Terbuka Publik Ramah Anak, merupakan taman yang punya fasilitas bermain anak yang cukup lengkap. RPTRA adalah proyek dari Pemprov DKI yang direncanakan dibangun lebih dari 50 tempat tiap Kota Administrasi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Penjelasan Soal Rantai Makanan, Lengkap dengan Contoh dan Gambar
Artikel Selanjutnya
9 Cara Ternak Lovebird di Rumah bagi Para Pemula