Sukses

Cara Membuat Blog di Blogpost dan Wordpress dengan Gratis dan Menarik

Di era digital, tiap orang kini bisa berkarya dengan mudah. Banyak sekali platform yang bisa dipilih untuk bisa beraktualisasi diri. Mulai dari media sosial, Youtube, blog, dan banyak lagi platform lainnya.

Jakarta Di era digital, tiap orang kini bisa berkarya dengan mudah. Banyak sekali platform yang bisa dipilih untuk bisa beraktualisasi diri. Mulai dari media sosial, Youtube, blog, dan banyak lagi platform lainnya. Namun jika Anda adalah tipe orang yang lebih nyaman untuk mengungkapkan isi pikiran Anda melalui tulisan, nampaknya membuat blog merupakan pilihan platform yang paling tepat.

Blog sendiri banyak dipilih karena tak cuma mengasah kemampuan sebagai penulis saja, memiliki blog membuat orang lain bisa menikmati dan mengapresiasi karya tulis Anda dengan lebih mudah. Pasalnya, meski saat ini adalah era di mana Youtube merajalela, platform audio-visual yang ditawarkan Youtube tak selalu cocok dengan setiap orang. Tentu ada banyak sekali yang lebih nyaman untuk menulis dan merangkai kata di balik laptop ketimbang berbicara di depan kamera. Karena itulah Blog tetap memiliki banyak peminat meski saat ini ada puluhan platform lain yang bisa dipilih.

Di samping tujuan utama untuk aktualisasi diri, Anda sebenarnya juga bisa mengais pundi-pundi Rupiah dari karya yang Anda sematkan di blog. Hal ini bisa datang dari iklan. Bahkan, sudah menjadi hal yang biasa jika kita melihat iklan bertebaran di blog seseorang atau perusahaan. Caranya pun tak cuma sekedar memasang iklan lewat AdSense dan sebagainya. Cara-cara seperti menulis artikel review hingga memasang banner afiliasi, semua juga bisa mendatangkan Rupiah.

Jadi jika menulis adalah panggilan jiwa Anda, dan sampai saat ini Anda masih belum memiliki blog, Anda melewatkan kesempatan yang besar sekaligus berharga tanpa membuat blog. Seperti yang dirangkum oleh Liputan6.com pada Selasa (26/6/2018) dari berbagai sumber, berikut cara membuat blog di berbagai platform.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara membuat blog di blogspot sendiri dan gratis

Salah satu cara membuat blog adalah lewat blogspot. Blogspot adalah platform blogging besutan Google, yang menawarkan banyak sekali fitur menarik asli Google seperti Adwords, Adsenses, serta Analytics. Cara membuat blog di Blogspot adalah yang paling mudah karena Blogpost adalah salah satu platform blogging paling ramah pemula.

 

Cara membuat blog di HP Android

Jika Anda ingin melakukan kegiatan blogging secara mobile atau menggunakan HP saja, berikut terdapat langkah atau cara membuat blog di HP Android dengan basis blogspot, ataupun platform mobile lainnya seperti iOS. Berikut cara membuat blog di HP Android.

  1. Unduh aplikasi Blogger.com di Google Play Store, lalu install
  2. Setelah selesai, buka aplikasi dan masukkan alamat email Google Anda. Jika Anda ingin menggunakan email lain untuk blog, atau belum memiliki email, maka sebelum masuk buatlah dulu sebuah akun email Google.
  3. Lakukan proses Sign Up dengan memasukkan alamat email dan password Anda
  4. Lalu Anda akan masuk ke laman edit profil. Di laman ini, Anda diharapkan mengisi berbagai informasi yang ingin Anda tampilkan, lalu Anda bisa mengklik buat blog baru.
  5. Setelah itu, Anda harus memasukkan judul blog serta alamat blog yang Anda inginkan pada kolom yang telah disediakan. Alamat atau URL yang diisikan harus berbeda dengan orang lain jadi pilihlah nama seunik mungkin.
  6. Klik salah satu desain template dari blogspot, lalu blog pertama Anda sudah jadi.

 

 

3 dari 4 halaman

Cara membuat blog yang menarik

Dalam berbagai langkah yang harus ditempuh dalam cara membuat blog, tampilan adalah salah satu yang utama. Untuk membuat tampilan sebuah blog jadi menarik, tentu yang diperlukan adalah desain yang baik. Jika Anda adalah tipe orang yang suka mendesain sendiri, tentu hal ini akan jadi sangat mudah. Kustomisasi di blogpost pun tak sulit untuk dijalankan, semudah cara membuat blog di platformnya.

Bahkan jika Anda sudah puas dengan tampilan template dari blogpost, tampilan blog biasa pun sebenarnya sudah menarik. Jika ingin mengeditnya, berikut langkah dan cara membuat blog yang menarik.

  1. Masuk ke Blogger.com dan pilih blog Anda
  2. Di menu sebelah kiri, klik Template
  3. Klik 'Sesuaikan' jika Anda ingin mengedit Template tersebut
  4. Pada menu sebelah kiri, Anda bisa memilih untuk mendesain latar belakang dari blog Anda, lebar blog Anda, serta tata letaknya
  5. Jika dirasa sudah cocok dan sesuai, klik 'Terapkan ke blog'
  6. Jika ingin melihat hasilnya, klik 'Lihat Blog' di bagian kanan atas

 

4 dari 4 halaman

Cara membuat blog Wordpress

Salah satu platform blogging dan cara membuat blog selain Blogspot adalah Wordpress. Wordpress adalah platform yang sedikit lebih kompleks dan rumit ketimbang Blogspot. Banyak blogger dan bahkan website ternama menggunakan cara membuat blog dari Wordpress, karena penyesuaian konten yang lebih leluasa ketimbang Blogspot. Oleh karena itu, Wordpress biasa digunakan oleh blogger yang sudah agak berpengalaman.

Berikut cara membuat blog di Wordpress:

  1. Buka website Wordpress di id.wordpress.com
  2. Klik 'Buat situs web'
  3. Akan muncul halaman baru di mana Anda harus mengisi berbagai informasi seperti email, nama pengguna, password, serta alamat blog.
  4. Isi kolom tersebut dengan berbagai informasi yang Anda inginkan, sekaligus pilih nama blog dan URLnya. Jangan lupa juga untuk klik link yang bertuliskan "akan menggunakan alamat yang gratis"
  5. Klik tombol 'buat blog'
  6. Pihak Wordpress akan mengirim link verifikasi di email Anda. Klik link verifikasi tersebut dan laman dasbor akan muncul. Ini menandakan bahwa Blog Anda telah jadi dan sudah siap diisi.

 

Cara membuat blog yang menghasilkan uang

Salah satu cara membuat blog yang bisa menghasilkan uang adalah dengan mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense. Google Adsense adalah program untuk melakukan monetisasi berbasis PPC atau Pay Per Click. AdSense sendiri sudah mendukung situs berbahasa Indonesia sehingga blogger Indonesia bisa didaftarkan ke program besutan Google ini.

Mendaftar di Google AdSense sebenarnya tak sulit, namun untuk diterima jadi salah satu blogger yang mendapatkan keutamaan AdSense, ternyata cukup sulit. Blog Anda harus memiliki keunikan serta nilai jual yang tertentu agar jadi media yang baik bagi pengiklan yang dibawa oleh Google. Jadi, buatlah blog dengan konten yang unik, lalu isi blog Anda dengan konsisten, serta yang paling penting Anda hanya bisa menggunakan Adsense di blog Blogpost atau Blogger.

Jika Anda sudah siap untuk mendaftarkan blog Anda ke AdSense, berikut tautan yang akan langsung masuk ke laman pembuatan AdSense di Google. Klik di tautan ini jika Anda sudah siap mendaftar ke Google AdSense.

Demikian pembahasan kami soal cara membuat blog, semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.