Sukses

Kisah Pria yang Tak Bisa Bersendawa Selama 30 Tahun, Kok Bisa?

Kontraksi otot pada laring pria asal Inggris, membuatnya lebih dari 30 tahun kesulitan untuk bersendawa layaknya orang normal lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Sendawa menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan tubuh walaupun kerap dianggap tidak sopan. Reaksi alamiah tubuh ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya akumulasi gas di dalam perut sehingga memantu pencernaan.

Kebayangkan kalau kita sampai tidak pernah sendawa, pastinya perut terasa tidak nyaman. Meski sendawa sering dialami banyak orang, tapi ada lo orang yang tak bisa sendawa sampai lebih dari tiga dekade lamanya.

Hal tersebut dialami pria asal East London, Inggris bernama Neil Ribbens. Sebagian besar hidup Ribbens tak pernah mengalami sekalipun sendawa. Hingga tak heran kalau ia kerap mengalami sakit perut yang luar biasa.

Rasa tak nyaman tersebut kerap terjadi, terutama setelah makan besar, minum bir dan bersoda. Karena mengaku tak pernah sendawa, keanehan tesebut sempat mendorong orang-orang untuk bertanya mengapa bisa dialaminya?

Masalah aneh itu muncul karena bagian laringnya mengalami tegang. Alhasil rasa tegang itu mencegah gas untuk keluar dari tenggorokannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cegukan hingga keram

Keanehan tersebut terjadi sejak Neil masih bayi. Selama bertahun-tahun lamanya berbagai dokter ia temui untuk mengobati kelainan tersebut. Sayangnya, sebagian dokter justru tak pernah mendengar masalah itu dan malahan ada yang justru menertawakan Neil.

Ketika usianya beranjak dewasa, gangguan sendawa membuatnya kesulitan untuk minum dan makan bersama kerabat dan temannya.

"Terutama makan malam Natal besar, hal ini dapat membuat rasa sakit yang serius karena perutku membengkak hingga dua kali ukuran normal," kata Neil, seperti dilansir dari Oddity Central.

Jika sudah mengalami hal itu, ia juga akan mengalami cegukan. Hal lainnya akan terjadi penumpukan gas di dalam perut yang berujung pada munculnya suara aneh di dasar tenggorokan.

Rasa tak nyaman itu juga ditambah dengan sesak dada, rasa asam di mulut, sampai keram perut. Satu-satu pilihannya untuk terbebas dari hal itu yakni kentut. 

3 dari 3 halaman

Beruntung menemukan dokter yang tepat

Beruntungnya, mimpi buruk itu akan segera hilang bagi Neil. Setelah menemukan dokter yang tepat, masalah sendawa Neil bisa terpecahkan.

Ia menemukan alih bedah yang berbasis di Manchester dan mampu mengobati sendawanya dengan cara menggunakan botox. Meski botox lazimnya digunakan dalam kosmetik, tapi botok yang dapat disuntikan ke dalam otot mampu menurunkan kontraksi yang abnormal. 

Dalam kasus Neil, botox itu akan disuntikan pada bagian laringnya untuk mengurangi tegang.

"Kata-kata tak bisa menggambarkan betapa saya merasa lebih baik. Mungkin tak bisa bersendawa terdengar lucu, tapi pada saat mengalami hal itu justru mengerikan," katanya.

Meski saat ini ia mampu bersendawa seperti orang normal lainnya, pria itu harus mengeluarkan uang sebesar $ 4.000 atau setara dengan Rp 56 juta.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.