Sukses

Tempat Wisata Malang dan Batu Terbaru dan Terlengkap di 2018

Salah satu yang bisa dilakukan di hari libur tentu adalah mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di berbagai kota di tanah air.

Jakarta Salah satu yang bisa dilakukan di hari libur tentu adalah mengunjungi berbagai destinasi wisata yang ada di berbagai kota di tanah air. Penatnya aktivitas harian membuat banyak pegawai, pekerja, atau bahkan mahasiswa, berusaha mencuri-curi waktu untuk bisa liburan yang agak jauh dari tempat asal mereka.

Salah satu pilihan yang bisa dijadikan destinasi wisata Anda selanjutnya adalah kota Malang.

Malang raya adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Wisata Malang sendiri tak akan habis jika kita eksplorasi satu persatu. Baik itu wisata Malang dari sisi alam, wisata edukasi, wisata modern, bahkan wisata kuliner, wisata Malang akan memikat Anda untuk kembali sekali Anda menjejakkan kaki di kota dingin ini. Berikut Merdeka.com akan membahas beberapa wisata Malang yang harus Anda datangi di liburan Anda selanjutnya.

 

Wisata Malang dan Batu

Jika berbicara soal wisata Malang dan juga Batu, karakteristik yang paling mudah kita dapat adalah wisata berbasis alam seperti pantai dan air terjun. Selain soal wisata alam, Malang dan Batu juga terkenal dengan wisata yang berpusat pada taman hiburan. Berbagai tempat wisata Malang ini akan kami jabarkan satu persatu.

 

Wisata Malang terbaru 2018: Jatim Park 3

Salah satu wisata Malang yang paling baru di tahun ini adalah Jawa Timur Park 3, atau lebih mudah kita sebut Jatim Park 3. Dibuka akhir tahun lalu, tepatnya November 2017, wahana wisata Malang raya yang terletak di Batu ini, mengandalkan taman Dino atau Dino Park sebagai wisata unggulan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Dino Park

Menjadi wahana unggulan di Jatim Park 3, Dino Park mampu membuat pengunjung seolah berada di zaman Dinosaurus. Saat memasuki area ini, Anda akan disambut dengan ruang fosil yang menampilkan fosil dinosaurus lengkap dengan berbagai informasi seputarnya.

Selanjutnya, Anda akan diajak melintasi lima zaman Dinosaurus dengan menggunakan kereta terbuka. Lima zaman itu masing-masing, zaman permian, triassic, jurassic, cretaceous, dan ice age.

 

2. Dino Park nuansa Timur Tengah

Dino Park juga mengajak Anda berpetualang ke dunia dino bernuansa Timur Tengah. Arsitektur bergaya Timur Tengah, lengkap dengan berbagai propertinya membuat Anda seolah-olah tak sedang berada di Indonesia.

Tiket Dino Park: Rp 100 ribu

 

3. Infinite World

Di "ruang tanpa batas" ini, Anda akan dimanjakan dengan koleksi foto yang menarik. Tak hanya foto, wahana yang satu ini juga jadi lokasi seru-seruan yang asik bersama kawan.

Tiket: Rp 30 ribu

 

4. Virtual Arena

Kecanggihan teknologi dikedepankan di wahana ini. Menggunakan teknologi Virtual Reality atau VR, Anda akan merasa seolah benar-benar berada di dalam dunia game.

Tiket: Rp 30 ribu/2 jam

 

5. Galeri Musik Dunia

Selain pecinta game, Jatim Park 3 juga memanjakan para pecinta musik lewat berbagai koleksi alat musik serta beberapa patung lilin para legenda musik dunia.

Tiket: Rp 50 ribu

 

3 dari 10 halaman

Wisata Malang Raya: Jatim Park 1 & Jatim Park 2

Wisata Malang Raya andalan jika kita berkunjung ke kota Batu, adalah dua taman hiburan paling tersohor di Jawa Timur, yakni Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Sementara Jatim Park 3 yang merupakan taman hiburan terbaru di kancah wisata Malang sudah kami bahas di poin sebelumnya, mari kita bahas satu persatu Jatim Park 1 dan Jatim Park 2.

 

Jatim Park 1

Jatim Park 1 adalah taman hiburan yang punya daya tarik berupa kolam renang ukuran raksasa, yang berlatar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, serta Empu Gandring yang mencerminkan tokoh asal Jawa Timur. Selain itu, Jatim Park 1 punya lebih dari 50 wahana yang bisa dicoba oleh anak-anak maupun dewasa.

Seperti banyak wisata Malang lain berbasis taman hiburan, tiket Jatim Park 1 dipatok 100.000 yang berlaku di hari libur sekolah, libur nasional serta akhir pekan. Di hari biasa, ada diskon 30 persen menjadi 70.000 saja.

 

Jatim Park 2

Bernaung di bawah perusahaan yang sama dengan Jatim Park 1 yakni JTP Group, Jatim Park 2 menawarkan kebun binatang yakni Secret Zoo, serta Museum Satwa yang memajang koleksi satwa secara lengkap untuk tujuan belajar bagi anak maupun dewasa.

Harga tiket masuk Jatim Park 2 dipatok 120.000 di hari libur nasional, hari libur sekolah, dan akhir pekan. Di hari biasa, harga tiket dipatok 84.000 Rupiah.

 

4 dari 10 halaman

Wisata malam hari di Malang

Jika Anda gemar untuk berwisata di malam hari, banyak pilihan wisata Malang yang bisa Anda pertimbangkan. Berikut beberapa ulasan wisata Malang yang bisa Anda nikmati jika malam menjelang.

 

1. Batu Night Spectacular (BNS)

Tak seperti taman hiburan yang ada di Batu kebanyakan, Batu Night Spectacular atau BNS justru buka dari sore hingga tengah malam. Jam operasional resminya mulai dari pukul 15.00 hingga 24.00.

BNS menawarkan beberapa wahana penguji adrenalin, taman lampion, hingga arena go kart.

Harga tiket masuk ke BNS dipatok 20.000 Rupiah untuk hari biasa, serta 30.000 untuk akhir pekan.

2. Jatim Park 3

Tak seperti Jatim Park 1 dan 2, Jatim Park 3 menawarkan jam operasional yang fleksibel hingga malam hari. Hal ini dikarenakan sebagian besar area jatim Park 3 seperti Taman Dino, memang berada di gedung indoor. Bahkan, saat ini terdapat promo Happy Hour jika Anda datang di malam hari. Di atas jam 6 sore, tiket masuk mendapat harga promo hanya 45.000 hingga 60.000.

 

3. Pemandian Air Panas Cangar

Pemandian air panas Cangar terletak di Bumiaji kota Batu, yang mendapat sumber air panas dari Gunung Welirang. Temperatur yang tinggi di kolamnya baik dan berkhasiat untuk kulit.

Wisata ini memang populer di siang hari, namun jam buka dari Cangar cukup fleksibel sehingga Anda bisa datang di malam hari dan tak perlu berjubel dengan wisatawan lain untuk berendam.

Harga tiket masuk Cangar dipatok 10.500 Rupiah belum termasuk parkir kendaraan.

 

4. Alun-alun Batu

Seperti banyak alun-alun di berbagai kota di Indonesia, alun-alun Batu makin semarak di Malam hari. Banyak pujasera dengan berbagai makanan khas Batu, street-food, serta wahana ferris wheel atau komedi putar yang bisa Anda naiki untuk menikmati night view kota Batu dan Malang.

Tak lupa ada jajanan terpopuler di Batu yakni Pos Ketan Legenda yang menyajikan kudapan berupa ketan dengan berbagai topping.

5 dari 10 halaman

Wisata gratis di Malang

Ada sederet wisata Malang yang Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk menikmatinya. Atau paling tidak, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk berwisata di beberapa tempat ini. Apa saja? Mari kita simak ulasannya.

 

1. Masjid Tiban

Sebuah Masjid dengan arsitektur megah berdiri di kawasan Turen, Kabupaten Malang. Masjid ini terkenal karena cerita soal pembangunannya, di mana warga sekitar tak ada yang tahu prosesnya. Tahu-tahu, masjid dengan ukuran besar, tingginya 9 lantai, dan arsitekturnya unik, muncul di sana.

Sebagai salah satu tujuan wisata Malang, Masjid Tiban tak mematok harga. Jadi Anda bebas untuk menikmati keindahan Masjid ini tanpa ada biaya masuk. Cukup membayar parkir dan menyumbang seikhlasnya.

2. Kampung warna-warni Jodipan

Kampung Jodipan awalnya bukanlah tujuan wisata Malang. Mulanya Kampung Jodipan hanyalah kawasan perkampungan yang berada di pinggiran Sungai Brantas. Namun pasca sebuah inisiasi dari mahasiswa yang menggandeng korporasi produsen cat dinding, Kampung Jodipan disulap jadi destinasi baru yang hits sebagai tujuan wisata Malang.

Kampung warna-warni adalah kawasan yang sangat cocok untuk hunting foto guna mengisi feed Instagram Anda. Selain itu, biaya masuknya cukup murah meski tak gratis: hanya 3.000 Rupiah saja.

6 dari 10 halaman

3. Sumber air Krabyakan

Sedikit melenceng dari kawasan wisata Malang, mari kita ke arah Lawang, Kabupaten Malang. Di sana, Anda akan menemukan sebuah lokasi wisata sumber air yang dinamai sumber air Krabyakan. Terletak di bawah kaki pegunungan membuat suasana di sekitar sumber air ini semakin memanjakan tubuh dan mata. Kesan alami semakin di perkuat dengan penataan batu kali disekitar sumber air, sehingga sumber mata air terlihat seperti kolam alami yang jernih.

Mungkin tempat ini masih belum terlalu terjamah wisatawan. Namun jangan salah, harga tiket masuk sumber air Krabyakan ini hampir gratis, hanya seribu Rupiah saja.

 

Wisata Malang dekat stasiun

Jika Anda berwisata ke Malang dan turun di Stasiun Kota Baru Malang, ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda kunjungi di area sekitar pemberhentian kereta tersebut. Ada beberapa tempat seperti Alun-alun tugu Malang di mana Anda bisa berfoto di landmark kota Malang. Lalu kampung warna-warni yang cocok jadi spot Instagramable Anda. Tak lupa juga Hotel Tugu yang menawarkan sajian kuliner papan atas dalam nuansa Malang Tempo Doeloe.

Tak jauh dari stasiun, yakni di belakang Balai Kota Malang, ada Museum Tempo Doeloe yang memaparkan sejarah Kota Malang sejak zaman kerajaan hingga modern.

Sedikit lebih jauh dari Stasiun, Anda juga bisa melihat benda bersejarah dari zaman penjajahan di Museum Brawijaya. Tak lupa untuk menikmati hiruk-pikuk ramainya kota Malang yang tercermin di Alun-alun Kota Malang yang jadi salah satu ikon wisata Malang.

 

Wisata pantai di Malang

Malang juga terkenal dengan pantainya, pasalnya memang Kabupaten Malang di bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Berikut beberapa pantai indah yang bisa Anda nikmati jika Anda berwisata ke Malang.

1. Pantai Balekambang

Balekambang adalah salah satu pantai di bagian selatan Malang tepatnya Kecamatan Bantur, dengan ciri khas adanya sebuah pulau kecil rumah sebuah Pura yang ramai untuk beribadah di berbagai Hari Raya Keagamaan agama Hindu. Balekambang bisa diakses dengan lancar dari Malang dengan mobil ataupun motor, dengan harga tiket masuk 15.000 saja.

7 dari 10 halaman

2. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna adalah pantai yang cukup unik di antara deretan pantai di selatan Malang. Untuk menikmati keindahannya, kita harus menghubungi pengelola untuk memesan slot terlebih dahulu. Per harinya, pengunjung dibatasi hanya 10 orang saja, dan per orang diharuskan membayar 100.000 Rupiah.

Pantai yang berada di tengah kawasan cagar alam ini punya keindahan sesuai dengan namanya, karena memiliki tiga lapis warna. Di sana kita bisa menikmati indahnya paparan tebing hijau, serta air laut yang super jernih. Tak seperti di pantai lain di selatan Malang, di sini kita bisa snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut.

3. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina adalah pantai yang terkenal dengan ombaknya yang ganas, namun ketika sore menjelang, ombak akan mereda sehingga kita bisa berjalan ke tengah lautan. Di pantai tersebut juga ada pulau karang yang populer untuk foto senja. Selain itu, muara sungai yang mirip danau membuat persediaan air tawar di pantai tersebut melimpah. Lokasi ini juga populer sebagai destinasi perkemahan, dengan tarif masuk cuma 5.000 Rupiah.

 

4. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati adalah pantai yang masih satu garis dengan Goa Cina, di mana pengunjung akan selalu mendapati jembatan ikonik yang merupakan penghubung jalur lintas selatan. Pasir di pantai ini cenderung berwarna gelap, dengan ombak besar. Salah satu momen ikonik adalah di pagi hari, di mana pantai ini selalu diselimuti kabut.

8 dari 10 halaman

5. Pantai Banyu Anjlok

Banyu Anjlok adalah salah satu pantai unik di Malang, karena lokasinya merupakan pertemuan air tawar dan asin, berupa air terjun yang langsung menuju pantai. Terdapat juga gua yang tak terlalu dalam dan bisa ditelusuri.

Untuk sampai ke sana pun cukup membutuhkan perjuangan, yakni perjalanan "off road" selama kurang lebih 30 menit melewati perkebunan kopi.

Anda juga bisa dipandu untuk ke beberapa pantai di area Banyu Anjlok yang dapat dijadikan area snorkeling. Selain itu, pemandangan yang akan memanjakan mata siap memukau Anda dan kamera Anda.

6. Pantai Batu Bengkung

Jika dilihat sepintas, pantai Batu Bengkung adalah pantai yang tak punya garis pantai yang panjang. Alih-alih, banyak karang dan juga dua tebing besar yang membuat pantai ini unik. Pantai ini juga terkenal sebagai tempat perkemahan dengan tarif masuk 5.000 Rupiah saja.

9 dari 10 halaman

7. Pantai Sendiki

Pantai Sendiki adalah salah satu pantai baru di Malang yang lagi hits. Pantai ini adalah pantai yang masih sepi dan cukup teduh sehingga nyaman untuk bersantai. Namun tak cuma santai, pasir pantai Sendiki sangat luas sehingga untuk berlari-larian dan berolahraga sangat cocok. Pantai yang terletak di Sumbermajing Wetan ini mematok tarif 5.000 Rupiah saja.

Wisata Theme Park di Malang

Taman hiburan atau theme park tentu merupakan salah satu destinasi yang dituju wisatawan luar kota ketika menempuh Wisata Malang serta Batu. Perlu diketahui, taman hiburan di kawasan Malang Raya dan Batu tak cuma Jatim Park 1, 2, dan 3 saja. Ada beberapa taman hiburan yang jadi ikon wisata Malang. Berikut 5 taman hiburan tersebut dan sedikit deskripsinya.

1. Museum Angkut: Museum yang menampilkan aneka kendaraan di berbagai zaman dari penjuru Bumi, dengan spot foto yang tak boleh dilewatkan!

2. Hawai Waterpark: Wahana main air berupa waterboom paling seru di Malang, dengan aneka permainan air seperti kolam ombak hingga sungai arus buatan.

3. Selecta: taman rekreasi kolam renang yang terkenal dengan taman bunga yang indah untuk foto memorable!

4. Taman Kelinci: taman berkonsep edukasi dengan puluhan kelinci dan taman rumput Instagramable ala pemukiman The Hobbit.

5. Museum Tubuh: museum anatomi terbesar di Asia, lengkap dengan informasi berbasis multimedia.

10 dari 10 halaman

Wisata alam di Malang

Jika berbicara soal Wisata Malang, tak bisa dipungkiri wisata alam adalah salah satu yang paling memikat. Di atas, kami sudah membicarakan soal Pantai. Mari kita ulas wisata alam berupa air terjun dan juga beberapa destinasi seperti bukit serta gunung yang senada dengan hawa Malang yang sejuk.

1. Coban Rondo: Air terjun dengan suasana alam hijau, area camping, serta permainan labirin yang seru.

2. Omah Kayu dan Paralayang: Kawasan olahraga esktrem paralayang di Gunung Banyak dengan view kota Batu dan Malang, lengkap dengan rumah pohon yang jadi destinasi foto menarik.

3. Kebun Teh Wonosari: Kebun teh dengan suasana adem di kaki Gunung Arjuno, lengkap dengan fasilitas outbond.

4. Coban Talun: Air terjun tersembunyi yang ditempuh dengan trekking dengan pemandangan menakjubkan dan lokasi perkemahan populer di Batu.

5. Teluk Bidadari: Cekungan kolam alami dengan air berwarna hijau kebiruan, lokasi alam yang cantik untuk berfoto serta dekat dengan Pantai Mbehi.

6. Wringinanom: Kawasan wisata tubing di aliran sungai di Lereng Semeru yang cukup berkelok dan deras.

7. Coban Pelangi: Air terjun dengan hiasan pelangi alami di jam tertentu. Terletak di Poncokusumo, ini destinasi yang tepat dimampiri jika Anda ke Bromo lewat jalur Tumpang.

8. Coban Sewu: Air terjun yang terletak di bukit yang mengitari lembah. Keindahan magis ini harus ditempuh dengan trekking dan medan ekstrem yang kemiringannya hampir 90 derajat.

9. Coban Tundo: Air terjun dengan kolam air yang lebar dan dalam, sehingga cocok untuk uji nyali dengan lompat dari tebing langsung ke air.

Baca juga: 16 Destinasi Tempat Wisata Malang dan Kota Batu yang Murah

10. Coban Rais: Kawasan air terjun yang kini terkenal dengan kawasan perbukitan yang dijadikan Batu Flower Garden dan Bukit Bulu yang hits jadi lokasi foto dengan properti buatan dan pemandangan indah.

11. Sumber Maron: sebuah mata air alami yang dibendung jadi sebuah kolam besar untuk berenang dan berendam, lengkap dengan berbagai fasilitas seperti perahu boat, flying fox dan outbond.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.