Sukses

Jaga Kebugaran Tak Harus Nge-Gym, Begini Alternatifnya

Pembentukan tubuh (body sculping) memang lebih ideal jika dilakukan di pusat kebugaran, tapi program rumahan ini setidaknya cukup untuk kondisi fit harian.

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah himpitan jadwal harian, individu zaman sekarang seakan selalu kehabisan waktu. Begitulah yang sering terdengar dari mereka yang mengaku tidak rutin berolahraga.

Melansir dari The Guardian, aktivitas kebugaran di gym dapat membuat orang 14 kali lebih aerobikal dibanding orang-orang biasa. Aerobikal di sini maksudnya adalah menjadikan seseorang lebih fit. Maka, tak mengherankan ketika gym jadi sebuah kebutuhan baru di kalangan para pekerja yang menghabiskan hampir sebagian besar harinya duduk di meja kerja.

Tapi, tidak selamanya kamu bisa memenuhi jadwal gym yang telah dipilih karena dinamisnya jam kerja kantor. Kemungkinan-kemungkinan seperti lembur dadakan atau proofread yang molor bukanlah hal ganjil bagi kebanyakan para pekerja kantoran kekinian.

Nah, kalau kamu sering berada di dalam situasi seperti ini, kebugaran tetap bisa dijaga tanpa harus memaksakan ikut kelas gym. Kamu bisa lakukan sejumlah program rumahan saat sesekali absen nge-gym karena urusan kantor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Olahraga di Dalam Rumah

Kamu bisa memaksimalkan benda-benda yang ada di rumah untuk exercise demi kebugaran. Misalnya, gunakan tangga rumah sebagai medium latihan. Luangkan waktu selama 10 menit untuk naik dan turun tangga secara kontinu. Kegiatan naik turun tangga tanpa henti selama 10 menit dapat membakar 100 kalori di dalam tubuh.

Tak ada tangga? Jangan patah semangat. Lakukan olahraga pagi seperti squat jump dan lunge selama 10 menit sebelum sarapan. Riset British Journal of Nutrition menyimpulkan bahwa olahraga sebelum sarapan di pagi hari selama 10 menit dapat membakar 20 persen lemak lebih banyak dibanding setelah sarapan.

Selain itu, kamu juga harus memerhatikan kebiasaan dan durasi tidur malam. Sebuah riset di Universitas Chicago menyebut bahwa pelaku diet yang tidur 5,5 jam dapat menghilangkan lemak 55 persen lebih baik dibanding mereka yang tidur 8,5 jam.

3 dari 3 halaman

Perbanyak Jalan Kaki Daripada Berdiam Diri

Tidak ada salahnya berjalan keliling komplek perumahan selama 15 menit setiap harinya untuk meningkatkan kebugaran. Dalam temuan Journal of Physical Activity and Health, jalan kaki dalam durasi tertentu depan mempercepat kerja pencernaan. Tak hanya itu, kalori yang bisa dibakar juga tiga kali lebih banyak dibandingkan bila hanya berdiam diri.

Pembentukan tubuh (body sculping) memang lebih ideal jika dilakukan di pusat kebugaran, tapi program rumahan ini setidaknya cukup untuk kondisi fit harian. Yuk, mulai rutin berolahraga.

Sumber: iPrice Trend

Reporter:

Aldo Fenalosa

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.