Sukses

5 Kebiasaan Sepele Ini Ternyata Bikin Rambutmu Rusak

Lima kebiasaan ini mungkin kita kira merawat rambut, padahal justru sebaliknya rambut malah cepat rusak dan kering.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang bilang bahwa rambut adalah mahkota. Maka tak heran jika keindahannya dan kecantikan dari rambut perlu dijaga. Namun, untuk menjaga rambut, kamu perlu memperhatikannya dengan benar.

Jangan sampai kamu malah salah mengurus rambut, bukannya indah, rambutmu malah rusak dan kasar. Kira-kira kebiasaan apa saja yang kita kira merawat rambut justru malah bikin masalah.

Dilansir dari berbagai sumber ini lima kebiasaan merawat rambut yang malah bikin rusak rambut.

1. Keramas dengan Air Bersuhu Tinggi

Seperti dikutip dari Boldsky, keramas atau membilas rambut dengan air bersuhu tinggi bisa melenyapkan nutrisi penting dan kandungan minyak alami rambut. Begitu pula saat kamu mengaplikasikan conditioner setelah keramas, bilaslah dengan air dingin dan bukan dengan air panas, ya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kebanyakan Pakai Sampo

Gunakan sampo secukupnya saja. Kalau kebanyakan (meskipun alasannya ingin agar rambut lebih bersih), dampaknya pori-pori kulit kepala bisa tersumbat dan kandungan nutrisi rambut bisa lenyap.

3 dari 5 halaman

3. Terlalu Kasar Saat Menyisir Rambut

Rambut bisa rusak dan rontok bila kamu menyisirnya terlalu kasar. Untuk melepas ikatan rambut atau mengatasi rambut kusut, sisirlah rambut perlahan. Enggak mau kan rambutmu rusak karena terlalu kasar menyisirnya?

4 dari 5 halaman

4. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Jangan terlalu kencang mengikat rambut. Selain itu, selalu luangkan waktu beberapa jam untuk membebaskan rambut dari ikatan. Rambut juga perlu "bernapas" agar tidak gampang rusak.

5 dari 5 halaman

5. Menggunakan Bantal Berpermukaan Kasar untuk Tidur

Nah, bantal yang kamu gunakan juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikan rambutmu lo. Pilihlah bantal yang permukaannya halus agar saat digunakan tidak merusak rambutmu.

Reporter:

Endah Wijayanti

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.