Sukses

Mengenal Sosok Sam Aliano, Capres yang Janji Lunasi Utang RI

Nama Sam Aliano sedang menjadi perbincangan publik lantaran janji-janjinya.

Liputan6.com, Jakarta Saat ini Indonesia sedang memasuki tahun politik, ini terlihat dari sejumlah baliho bergambar calon presiden yang terpampang di sejumlah titik Ibu Kota. Ya, figur-figur capres dan cawapres kian bermunculan jelang Pilpres 2019 dan menawarkan visi misinya kepada masyarakat.

Salah satu yang cukup menarik publik adalah nama Sam Aliano yang berjanji akan membebaskan Indonesia dari utang yang nilainya mencapai sekitar Rp 9.000 triliun dan menawarkan umrah gratis per satu orang. Lalu siapakah Sam Aliano?

Bagi sebagian orang nama Sam Aliano belum terlalu sering didengar di ranah politik, hal ini lantaran dirinya berlatarbelakang sebagai seorang pengusaha. Pria kelahiran 19 Juli 1974 ini merupakan pengusaha berkebangsaan Indonesia keturunan Turki. Dirinya menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Muda Indonesia.

Sam Aliano bekerja sama perdagangan dengan sejumlah ekspatriat asing di Indonesia dan luar negeri. Mengutip samaliano.id, ia mendirikan grup Samco yang bergerak di usaha manufaktur, ekspor-impor, properti, pertanian, perikanan, dan pertambangan. Pada 2009, semua saham di perusahaan itu diambil alih penuh oleh Sam Aliano.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bergabung dengan Rhoma Irama

Pada akhir 2017 memiliki perkembangan hingga ke Indonesia. Tak puas menjadi pengusaha, ia juga berkecimpung di dunia politik. Ia merupakan Bendahara Umum Partai Idaman yang dibangun Rhoma Irama.

Selain itu, dirinya juga menjabat sebagai Bendahara Umum Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) yang merupakan ormas bentukan senator DKI Jakarta Fahira Idris. Sam Aliano juga menjadi pengurus Pusat Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI).

Reporter: Agustina Melani

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.