Sukses

Gara-Gara Chef Ini, Indonesia dan Malaysia Bersatu Membela Rendang

Liputan6.com, Jakarta - Acara kompetisi memasak Masterchef UK baru-baru ini mengundang perhatian warga Indonesia dan Malaysia. Pasalnya, seorang kontestan harus tereleminasi karena rendang ayam yang dibuatnya tidak crispy.

Zaleha Kadir Olpin merupakan salah satu peserta Masterchef keturunan Malaysia. Dalam sesi acara tersebut, pihak juri, yakni John Torode dan Gregg Wallace, mengatakan bahwa rendang ayam hasil masakannya tidak memiliki kulit yang crispy.

Hal tersebut tentu mengundang respons warganet di Tanah Air, hingga negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Brunei yang geram. Salah satu akun Twitter dari juri Masterchef, @JohnTorode1, kemudian diserbu warganet.

Banyak warganet yang merasa bahwa pihak juri salah mengartikan rasa dari hidangan rendang tersebut.

Tak sedikit warganet berkomentar agar pihak juri mengakui kesalahan dan wawasan mereka yang kurang terhadap rendang. Adapula yang mengklarifikasi bagaimana seharusnya rasa dari rendang.

 

2 dari 3 halaman

Respons Warganet

Uniknya ada sejumlah respons yang menarik bahwa akibat rendang, Indonesia dan Malaysia bisa bersatu dan sependapat. Berikut merupakan sejumlah komentar warganet.

"Akhirnya indo & malay sepemikiran demi rendang 😆 Rendang harus krispi : Om wiliam wongso mana yah... itu juri perlu di eta terangkanlah 😆," tulis Hendrik S.

"Mungkin jurinya dulu pas makan rendang sering dapet lengkuas bukan daging, makanya dibilang crispy 😂," komentar Melinda Silvia.

"Duh sumpah kasian ama org Barat. Idup cuma bisa mkn deep fried, mereka bkl ngerti cara masak pke santan sama lele," sahur Johannes Phanoto.

"Lo masak rendang selama berjam-jam, lalu berharap tuh kulitnya bakal kering?" ujar Eko Logito.

"Itu rendang apa empal...pake krispi2 sgalah" komentar Setiawan Budi.

"Rendang?? Krispi?? ITU PENISTAAAN," tulis Arga Luntungan.

"Chefnya akan mendapatkan anugrah noble perdamaian karena menyatukan Indonesia dan Malaysia," sahut Fajar Agus.

"Ini orang pernah makan rendang chitato kali," komentar Falupi Pamungkas.

Selain celetukan konyol warganet, ada juga komentar yang menggambarkan persatuan empat negara, seperti kartun avatar. Bahkan, ada yang sampai menggambar animasi dari keempat negara untuk menggambarkan situasi tersebut.

 

 

3 dari 3 halaman

Klarifikasi Juri

Pihak John Torede sendiri telah merespons kritikan warganet melalui Twitternya. Meski begitu, banyak orang justru mengatakan bahwa chef tersebut tidak berpengalaman dengan hidangan ayam rendang asal Negeri Jiran. 

"Terima kasih banyak atas masukan Anda .. tentu saja kami dapat berdebat tentang asal-usulnya (rendang) dan apakah ayam itu klasik atau adaptasi," tulis Torede pada akun Twitternya.

Pada kicauannya yang lain, Torede juga menebak bahwa rendang yang mereka sajikan berasal dari Indonesia. Sayangnya, warganet Indonesia menolak bahwa rendang ayam dengan kulit renyah bukan menjadi hidangan khas masyarakat kita.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Sultan Malaysia Bertemu Bahas Pemerintah Baru Usai PM Mahathir Mohamad Mundur
Artikel Selanjutnya
Mahathir Mohamad Kembali Duduki Posisi Ketua Partai Bersatu Setelah Mundur, Ada Apa?