Sukses

Suka Tidur di Sofa Ternyata Berbahaya, Ini 6 Alasannya

Liputan6.com, Jakarta - Ketiduran bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Saat di rumah pun kita bisa saja tertidur secara tak sengaja di sofa ketika sedang menonton televisi. Meski tidur menjadi kegiatan yang penting bagi tubuh, tapi kamu harus berpikir ulang jika kamu sering tertidur di sofa.

Ada sejumlah masalah kesehatan yang mengintai kita, ketika terbiasa tertidur di sofa. Melansir Shared, Sabtu (10/3/2018), berikut ini merupakan enam alasan mengapa kamu harus menghindari tidur di sofa.

1. Posisi tidur yang salah

Sekarang, tidur telanjang akan semakin nyaman anti masuk angin dengan 4 trik ini.

Jangan pernah mengabaikan posisi tidur, salah sedikit saja hal ini dapat berdampak pada otot dan tulangmu. Sofa merupakan tempat untuk duduk sehingga mereka didesain sedemikian rupa agar nyaman ketika kita duduk bukan untuk tidur.

Kebanyakan orang yang sering tertidur di sofa kerap mengalami nyeri dan sakit pada bagian punggung. Jika kebiasaan itu diteruskan bisa sangat berbahaya bagi otot lehermu dan bahkan bisa berakibat serius pada tulang belakangmu.

 

1 dari 5 halaman

2. Memicu pegal pada bagian punggung

Tidur di sofa berpotensi besar dapat memicu rasa nyeri dan pegal di punggung dan pinggangmu. Rasa pegal yang muncul dapat menyebabkan rasa tidak nyaman sekaligus mengganggu aktivitasmu. 

Cedera tak sengaja itu jika dibiarkan dapat menekan bagian tulang punggung dan menyebabkan sakit dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, jangan diabaikan dan dibiasakan untuk tidur di sofa.

2 dari 5 halaman

3. Perbedaan material pada sofa dan tempat tidur

Sofa yang nyaman tak selalu dapat menyokong bagian tubuhmu yang lain. Mereka dibuat untuk memberikan kenyamanan ketika kamu duduk. Sedangkan kasur tempat kita tidur dibuat khusus untuk mendistribusikan berat tubuh kita pada permukaan mereka. Apa yang dibuat khusus untuk kasur tak bisa didapatkan dalam sofa.

Oleh karena itu, bukan hal yang aneh ketika kita terbangun dari sofa dan merasakan badan sakit serta tidak nyaman. Akan lebih baik tidur di lantai yang permukaanya rata dibandingkan dengan tidur di sofa.

3 dari 5 halaman

4. Sarang kuman

Apa kamu sering mencuci sofamu? Banyak orang pasti jarang mencuci atau membersihkan sofa mereka. Sehingga kita sering menemukan kotoran terselip dalam sela-sela sofa.

Sedangkan kasur bisa dilindungi oleh sprei. Kamu bisa mengganti sprei dan mencucinya selama sebulan sekali agar tempat tidur menjadi bersih. Oleh karena itu, sofa bukan menjadi tempat yang tempat sebagai tempat tidur kita karena dapat menjadi sarang kuman.

4 dari 5 halaman

5. Kamu tidak akan mendapat tidur berkualitas

Orang-orang yang cepat terlelap tidur di sofa sering mendapatkan gangguan pada tidur mereka. Misalnya mereka yang sering terlelap tertidur mendapat gangguan seperti bangun di tengah malam, gigitan nyamuk dan sebagainya.

Hal yang terjadi kamu tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup dan masalah kesehatan lain bisa muncul akibat hal tersebut.

6. Membuat sofa menjadi cepat rusak

Sofa rusak. (Via: boredpanda.com)

Jika kamu sering menggunakan sofa sebagai tempat tidur, hal ini tak hanya membuatmu mengalami gangguan tidur dan nyeri punggung. Sofa juga menjadi mudah mengalami rusak karena sering digunakan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

 

Artikel Selanjutnya
5 Jurus Ajaib yang Wajib Anda Lakukan untuk Bisa Tidur Lebih Cepat
Artikel Selanjutnya
Sulit Tidur seperti Rihanna? Ini 4 Tips Mudah Solusinya