Sukses

Berikan Operasi Payudara Gratis untuk Wanita Miskin, Pemerintah India Dikritik

Pemberian operasi payudara gratis diberikan agar mereka tidak salah langkah atau mencoba metode berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Negara bagian Tamil Nadu yang miskin di India Selatan telah menawarkan operasi payudara gratis kepada ribuan pria dan wanita untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka. Yakin bahwa langkah tersebut bisa memberantas kemiskinan, departemen kesehatan menargetkan orang-orang miskin dengan alasan mereka juga berhak untuk tampil cantik.

Menurut Indian Express, langkah tak biasa tersebut diluncurkan di Stanley Medical College and Hospital di Chennai. Rencana ini pun tengah digodok lebih lanjut. Langkah operasi payudara gratis tersebut didukung langsung oleh Menteri Kesehatan C. Vijaya Baskar.

"Mengapa perawatan kecantikan tak tersedia bagi orang miskin? Jika kami tak menawarkan ini, mereka mungkin akan memilih metode berbahaya atau mengambil pinjaman besar untuk operasi payudara," ungkap Baskar seperti dikutip dari The Times of India.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dikritik habis-habisan

Walau demikian, kritikus berpendapat bahwa pemerintah seharusnya menghemat uang untuk mengobati kondisi medis yang serius. Bahkan beberapa warganet tak setuju jika kebijakan tersebut akan benar-benar diwujudkan.

"Skema ini terdengar populis, tapi ini bukan program kesehatan masyarakat yang ideal. Dana negara diperlukan untuk munculnya penyakit serius, baik menular ataupun tidak. Sangat menyedihkan bahwa kita sekarang berfokus pada kecantikan dan bukan operasi penyelamatan jiwa," ungkap Dr. S. Elango, mantan menteri kesehatan masyarakat seperti dikutip dari Nextshark.

Tamil Nadu berada di peringkat teratas dalam sistem perawatan kesehatan masyarakat India. Selain operasi payudara, juga ditawarkan prosedur seperti operasi bibir sumbing dan transplantasi tangan secara gratis.

Menurut International Society of Aesthetic Plastic Surgery, hampir 93 ribu operasi plastik dilakukan di India pada tahun 2016. Ini termasuk rekonstruksi payudara yang dapat menelan biaya setidaknya 80 ribu rupee atau lebih dari Rp 16 juta di rumah sakit swasta.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.