Sukses

Jangan Diabaikan, 5 Macam Sakit Perut Pertanda Tubuhmu Bermasalah

Liputan6.com, Jakarta Sakit perut sering kali menyebabkan rasa tak nyaman pada perut kita. Meskipun mudah hilang dan sering kali diasumsikan kesalahan pada makanan atau pun rasa ingin buang air besar. Kita tak boleh sampai mengabaikan gejala aneh saat mengalami sakit perut.

Berikut ini merupakan enam tanda sakit perut yang mesti kita waspadai, melansir Shared.

1. Sakit perut yang membangunkanmu di malam hari

Rasa sakit dalam perut kita ketika malam hari jangan sampai diabaikan. Bisa jadi tanda sakit itu merupakan memberikan tanda terhadap kondisi fatal yang tengah kamu alami.

Biasanya tanda sakit pada perut menandai masalah pada kantung empedu tubuh kita, serta bisa jadi sebuah gejala dari usus buntu.

2 dari 5 halaman

2. Sakit perut ringan yang berulang

Jika kamu kerap mengalami sakit perut, rasa tak nyaman dalam jangka waktu yang panjang. Hal itu tak boleh sampai diabaikan. Biasanya gejala sakit perut tersebut disertai dengan perut kembung dan diare.

Biasanya hal ini terjdi karena usus mengalami kondisi yang rentan terhadap laktosa, makanan, penyakit krohn, sampai coeliac.

3 dari 5 halaman

3. Sakit perut setelah buang air besar

Buang air besar terkadang memberikan kita rasa lega. Namun, jika kamu sering merasa hal yang sebaliknya, ada baiknya untuk segera hubungi dokter.

Kondisi tersebut bisa menjadi tanda dari penyakit colitis, hingga kanker pankreas.

 

4 dari 5 halaman

4. Nyeri di bagian pusar atau perur bagian atas

Jika kamu sering mengalami nyeri yang menusuk di bagian perut kanan bawah, hati-hati hal tersebut bisa menjadi kondisi dari usus buntu. Lazimnya gejalanya usus buntu menyebabkan rasa mual dan demam.

5 dari 5 halaman

5. Rasa nyeri di perut yang disertai dengan mual dan muntah

Muntah merupakan lampu merah dari tanda sakit perut. Jika sampai muntah darah hal ini bisa menjadi tanda usus yang berdarah atau esophagitis, sehingga perlu dilarikan ke rumah sakit.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mengeluh Sakit Perut, Ternyata Pria Ini Telan Koin hingga Kunci
Artikel Selanjutnya
Lemak Perut Menumpuk Bukan Cuma Soal Asupan Makanan Saja