Sukses

Dapat Dicoba di Rumah, Ini 5 Cara Ampuh Basmi Kaki Kering

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan sepatu berhak tinggi pastinya dapat menunjang penampilan kaki menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, sepatu hak kerap digunakan oleh para wanita dalam banyak acara tertentu.

Meskipun begitu, terkadang banyak para wanita mengeluhkan tumit yang kering setelah mengenakan sepatu High Heels.

Tumit dan telapak kaki yang pecah-pecah tidak hanya terasa sakit jika terkelupas. Selain itu, bukannya memperindah penampilan hal ini malah dapat merusak penampilanmu.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan pencegahan agar terhindar dari kulit telapak kaki pecah-pecah. Berikut merupakan cara rumahan yang ampuh membantu sekaligus mencegah telapak kaki kita mengalami pecah-pecah.

1. Menggunakan pelembab

 

Pakai moisturize alias pelembab. (Via: healthcuretips.com)

Menggunakan pelembap merupakan cara ampuh untuk menghilangkan kaki pecah-pecah. Ada baiknya menggunakan pelembap khusus yang mampu memperbaiki sekaligus menghaluskan kaki yang kering.

Kamu bisa membeli pelembap spesifik untuk kaki kering yang disebut dengan heel balm. Biasanya heel balm digunakan khusus bagi kaki yang kerap menggunakan sepatu heels. Kemudian pelembab heel balm juga berguna untuk menghaluskan dan menghilangkan kulit mati.

Jika kamu tak ingin membelinya, kamu bisa menggunakan pelembab tebal di rumah sebelum memnggunakan sepatu hak. Agar mencegah kaki menjadi kering, gunakan pelembap minimal dua sampai tiga kali selama sehari.

 

1 dari 5 halaman

2. Merendam kaki

Setelah pulang ke rumah pasti kamu akan buru-buru membuka sepatu hak yang seharian kamu kenakan. Sebelum tidur ada baiknya kamu merendam kaki terlebih dahulu selama 20 menit menggunakan air panas.

Kamu bisa menggunakannya pembersih kaki atau foot bath dengan air agar kakimu menjadi lebih bersih wangi serta lembut. Selain itu, cara ini juga ampuh untuk memberikan relaksasi pada kaki yang lelah dan pegal. Kamu juga bisa sekalian menyikat kaki, agar sel-sel kulit mati dapat terangkat.

2 dari 5 halaman

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa terkenal bisa digunakan untuk banyak hal termasuk melembapkan kulit. Jika telapak kakimu sudah terlanjur pecah-pecah, kamu bisa langsung mengoleskan minyak kelapa agar luka serta kulit yang kering pada kaki bisa hilang dan sembuh.

Apalagi kandungan minyak kelapa dipercaya sebagai anti peradangan sehingga telapak kaki mudah diobati saat berdarah ataupun mengalami infeksi.

3 dari 5 halaman

4. Madu

Selain rutin merendam kaki, kamu juga perlu membuat masker agar menjaga kelembapan kaki dan menghindari terjadinya kulit kering. Untuk itu kamu bisa mengoleskan masker pada bagian telapak kaki yang mengalami pecah-pecah dengan madu.

Madu dianggap memiliki kandungan anti bakteri yang mampu membersihkan luka dan menyembuhkannya dengan cepat. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan kaki yang lembut setelah mengoleskan madu.

4 dari 5 halaman

5. Petroleum jelly dan kaos kaki

Setelah membersihkan kaki dan mulai tidur, kamu bisa mengoleskan petroleum jelly pada tumit atau area lainnya yang kering pada kaki. Kemudian pakai kaos kaki dan selanjutnya tidur.

Hal ini bisa membuat kakimu tetap terjaga lembab selama semalaman. Selain itu, cara ini juga dipercaya dapat menghindari telapak kaki menjadi kering. Memakai kaos kaki diperlukan agar spreimu tidak kotor setelah kaki dioleskan petroleum jelly.

 

Artikel Selanjutnya
Menjaga Kelembaban Tumit Agar Tidak Kasar Saat Berpuasa
Artikel Selanjutnya
7 Makanan Ini Bantu Anda Lenyapkan Permasalahan Mata Panda