Sukses

Viral Aksi Lucu Tikus Mandi, Asalnya Ternyata dari Negara Ini

Tak seperti tikus pada umumnya yang suka main di saluran air, tikus ini senang mandi pakai sabun. Dari mana asal tikus ini?

Liputan6.com, Jakarta Viralnya video seekor tikus yang sedang mandi baru-baru ini membuat heboh jagat maya karena kelucuannya. Bisa dibayangkan, tikus tersebut mandi dengan gaya seperti manusia. Ia berdiri, menggosok-gosokkan badannya dengan sabun, dan terlihat basah di sekujur tubuhnya. 

Namun, apakah tikus lucu ini berasal dari Indonesia? Hmm..., sepertinya tikus di Indonesia tidak pernah ada yang mandi ya, apalagi pakai sabun. Ternyata, tikus tersebut berasal dari Huaraz, Peru.

Cerita awalnya, ketika seorang DJ bernama Jose Correa merekam aksi tikus tersebut. Tidak hanya Jose yang bingung dengan aksi kocak tikus tersebut, tapi juga warganet. Mengapa seekor tikus bisa melakukan hal seperti itu dan bisa berdiri dengan dua kaki belakangnya?

Selain kelucuan yang diperlihatkan dari hewan pengerat itu, banyak pula pertanyaan yang mengatakan, apakah hewan kecil itu benar-benar seekor tikus?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hewan Kecil Itu Lebih Mirip Pacarana Asal Peru

Petunjuknya: binatang tersebut dapat berdiri tegak, padahal ini bukan perilaku normal dari seekor tikus. Akhirnya pengamat pun buka suara dan mengatakan bahwa binatang tersebut justru lebih mirip pacarana (Dinomys branickii), seekor binatang pengerat berwarna cokelat yang kerap ditemukan di Peru.

"Dengan ukuran kepala yang besar, bisa melakukan posisi bipedal (dua kaki), anggota tubuh depan yang fleksibel, ekor yang kaku dan pendek, serta warna tubuh yang tak begitu mencolok... hewan itu lebih terlihat seperti pacarana," kata Dallas Krentzel, seorang ahli biologi evolusioner khusus hewan pengerat dari University of Chicago, dilansir News.com.au, Rabu (31/1/2018).

Pacarana adalah hewan pengerat langka yang umumnya ditemukan di Amerika Selatan, seperti Peru, Brasil, dan Kolombia. Rata-rata berat tubuh pacarana sekitar 15 kilogram. Pacarana seperti wombat Amerika Latin, tapi lebih kecil lagi.

 

3 dari 3 halaman

Pacarana Tak Memiliki Ekor yang Khas Seperti Tikus

Wombat dan pacarana secara fisik tampak sama. Namun, kedua spesies ini beda famili. Sementara hewan pengerat lainnya yang hidup di Amerika Selatan disebut paca.

"Paca dan pacarana adalah beberapa spesies kesukaan saya karena keanehnya, jadi saya mengamati secara detil unggahan video itu," kata Krentzel yang merujuk pada video "tikus mandi".

Krentzel menambahkan, pacarana mahir menggunakan kaki depannya untuk mencari makan dan mengolah makanannya. Sedangkan ukuran hewan pengerat di video itu tidak jelas, karena tidak ada pembandingnya.

Hewan tersebut juga tak memiliki ekor khas tikus, kata Krentzel. Dia menegaskan, selain pacarana, tidak ada makhluk lain yang wujudnya serupa dengan "tikus mandi".

Lihat Video Selengkapnya:

https://www.vidio.com/watch/1258132-aksi-menggemaskan-seekor-tikus-mandi 

 

**Berita ini sudah pernah tayang di Kanal Global Liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini