Sukses

5 Tips Atur Keuangan Agar Tak Bangkrut Usai Liburan Tahun Baru

Ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan agar setelah liburan tidak terlalu banyak tagihan dan utang baru.

Liputan6.com, Jakarta - Liburan tahun baru memang sangat menyenangkan dan hampir membuat kamu lupa bahwa kamu masih memiliki pekerjaan dan sekolah yang harus dilanjutkan. Selain itu, kamu juga perlu atur keuangan liburan tahun baru dengan lebih bijak lagi.

Cara untuk atur keuangan liburan tahun baru sebetulnya lebih ideal jika dilakukan sebelum liburan tahun baru. Namun, ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan agar setelah liburan tidak terlalu banyak tagihan dan utang baru.

1. Komitmen dengan Bujet yang Telah Disusun

Ketika kamu gagal dalam merencanakan keuangan sebelum liburan, sama halnya dengan merencanakan kegagalan mengatur keuangan setelah liburan tahun baru. Agar tidak terjadi seperti itu, pastikan kamu sudah merencanakan pengeluaran saat liburan tahun baru.

Susun keuangan liburan tahun baru secara detail dan gunakan secarik kertas atau notes di ponsel kamu untuk mengingatkan apa yang bisa dibelanjakan dan apa yang tidak bisa dibelanjakan. Kerap kali godaan sale di tempat wisata menjadikan rencana keuangan di awal tidak sesuai.

Manfaatkan beberapa promo tiket pesawat maupun potongan diskon reservasi hotel untuk bisa menekan biaya transportasi dan akomodasi. Pastikan kamu benar-benar komitmen dengan rencana keuangan yang sudah disusun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Catat Pengeluaran

Catatan transaksi keuangan selama liburan sangat penting sebagai bukti pengeluaran. Meskipun tidak ada bukti pengeluaran, kamu bisa mencatatnya sendiri dengan menggunakan catatan manual biasa atau menggunakan notes di ponsel.

Bahkan, kini ada beberapa aplikasi gratis dan juga aplikasi berbayar yang bisa mencatat semua pengeluaran maupun pendapatan dalam satu catatan aplikasi. Dengan begitu, kamu akan semakin mudah mencatat semua pengeluaran selama liburan. Catatan pengeluaran tersebut juga bisa menginformasikan sudah seberapa banyak dana yang dikeluarkan saat liburan berlangsung.

3 dari 5 halaman

3. Bayar Hutang Sebelum Liburan

Beberapa orang kerap lupa kewajiban dan mendahulukan keinginan atau kebutuhan. Setiap orang memang pasti membutuhkan liburan sebagai sarana melepas stres dan tekanan pekerjaan.

Namun, sisi yang kerap dilupakan adalah membayar kewajiban, yaitu hutang. Apalagi jika hutang tersebut sudah cukup lama dan merupakan hutang kepada teman atau kerabat dekat. Jangan sampai mereka tambah illfeel ketika melihat update foto liburan kamu di Instagram, di saat kamu belum membayarkan kewajiban hutang kamu pada mereka.

4 dari 5 halaman

4. Jual Aset

Menjual aset untuk mendapatkan dana tambahan liburan merupakan hal yang bijak. Tidak perlu menjual barang berharga seperti emas jika memang kamu berniat berinvestasi pada emas.

Kamu bisa menjual barang bekas yang masih berkualitas atau layak pakai daripada tidak dimanfaatkan di rumah. Hitung-hitung kamu bikin sale pribadi dengan melego beberapa barang yang sudah tidak terlalu banyak dimanfaatkan.

Jangan pernah merasa rugi dengan menjual aset berharga kamu demi mendapatkan pengalaman baru yang akan membuat kualitas hidup kamu makin meningkat.

5 dari 5 halaman

5. Gunakan Dana Darurat

Idealnya, kamu sudah menganggarkan dana darurat sebelum liburan. Dana darurat yang perlu kamu siapkan minimal 10 persen dari total pengeluaran selama liburan.

Dana darurat bisa kamu gunakan untuk hal-hal yang belum masuk dalam bujet, misalnya jika saat liburan kamu mengalami kecelakaan kecil. Namun, lebih baik juga kamu memiliki asuransi agar tidak terlalu banyak mengganggu bujet untuk liburan untuk mengantisipasi hal seperti itu.

Jika liburan tahun baru sudah usai dan ternyata dana darurat kamu masih utuh. Beruntunglah karena kamu masih bisa memiliki cadangan dana untuk melanjutkan hidup kamu minimal untuk satu bulan ke depan.

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/atur-keuangan-liburan-tahun-baru/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.