Sukses

Milenial, Ini 6 Tips Perencanaan Keuangan untuk Liburan

Liputan6.com, Jakarta - Liburan kini telah menjadi bagian penting dalam gaya hidup. Sayangnya, tidak semua orang dapat mewujudkan perjalanan liburan yang diinginkan, karena masalah keuangan mereka.

Biasanya masalah tersebut dialami milenial. Namun jangan takut, karena ada cara untuk mengatur dan membuat perencanaan keuangan agar bisa liburan. Berikut ulasannya.

 

1. Pisahkan rekening gaji dan rekening tabungan

Tahukah kamu, kalau hal ini yang paling memberi pengaruh ketika menyimpan uang. Dengan memisahkan rekening tabungan dan juga rekening gaji, kamu tidak akan bisa mengutak-atik rekening tabungan ketika kamu sedang kalap belanja.

1 dari 6 halaman

2. Meninggalkan gaya hidup hedon

Supaya bisa liburan tiap bulan, ada baiknya menggunakan uang sesuai kebutuhan. Artinya, kamu harus hidup hemat tapi bukan juga pelit. Coba kurangi agenda nongkrong dan juga jajan setiap weekend. Ini bisa memberi pengaruh yang sangat besar. 

Selain itu, kamu tahu enggak? Setiap gelas kopi yang kamu beli di kedai kekinian, kalau kamu tabung hasilnya bisa sangat lumayan.

Misalnya, setiap hari kamu biasa membeli segelas kopi kekinian seharga 50 ribu rupiah, kalau dikalikan 20 sudah menjadi 1 juta rupiah. Nah, seandainya kamu bisa menghemat dengan membeli kopi sachet paling mahal 10 ribu, tentu kamu sudah bisa menghemat 800 ribu setiap bulannya. Ya, kan?

2 dari 6 halaman

3. Membuat pos pengeluaran

Memang cara ini terlihat sangat tradisional. Namun, ini bisa jadi cara yang ampuh supaya kamu bisa liburan setiap bulan. Misalnya setiap bulan kamu siapkan 30 amplop yang berisi masing-masing bujet yang kamu butuhkan setiap harinya.

3 dari 6 halaman

4. Menitipkan uang tabungan pada orang tua

Biar bagaimanapun orang tua adalah orang yang akan mendukung kamu untuk mencapai impian. Coba kamu bicarakan hal ini terlebih dahulu untuk menitipkan uang tabungan pada mereka. Memang biasanya orang tua bisa lebih apik dan rapi dalam menyimpan sesuatu, termasuk uang.

4 dari 6 halaman

5. Coba lirik investasi

Sudah banyak sekali produk investasi dengan keuntungan yang menggiurkan. Bahkan, sekarang sudah ada produk investasi yang cocok untuk masyarakat yang tergolong dengan kaum milenial.

Produk investasi seperti reksa dana juga bisa dibilang adalah produk yang banyak diminati karena mudah dan murah. Pastikan dulu tempat kamu berinvestasi sudah memiliki lisensi dan diawasi oleh OJK.

Dengan rencana keuangan ini, kamu bisa mewujudkan impian mengunjungi destinasi yang selama ini diidam-idamkan.

5 dari 6 halaman

6. Taat pada konsistensi

Konsistensi dalam hal apapun adalah satu hal yang amat sangat dibutuhkan. Sesaat setelah gajian, langsung pisahkan dan simpan uang dalam tabungan. Sisihkan minimal sebesar 10% dari jumlah gaji yang kamu terima.

Selain itu, ada satu cara serupa dan bisa kamu lakukan dengan mudah. Ya, dengan membuka rekening autodebet. Dengan begitu, rekening gaji kamu akan dengan otomatis terpotong dan disalurkan ke rekening khusus tabungan kamu. 

Selengkapnya bisa kamu baca di: http://blog.reservasi.com/millennials-ini-tips-rencana-keuangan-buat-liburan/

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
6 Destinasi Liburan Paling Hemat yang Wajib Dicoba
Artikel Selanjutnya
Ingin Bebas Utang di Tanggal Tua? Ini Tipsnya