Sukses

4 Manfaat Menakjubkan Kubis Ungu yang Tak Anda Ketahui

Siapa sangka, kubis ungu ternyata memiliki manfaat luar biasa lebih dari sayuran lainnya

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya, korban yang meninggal akibat masalah kesehatan seperti obesitas makin bertambah. Hidup sehat dengan olahraga teratur, istirahat cukup, dan mengonsumsi sayur, buah, serta makanan bergizi menjadi pilihan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Meski demikian, kita seringkali sulit untuk mendapatkan cukup vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh dari apa yang kita makan sehari-hari. Nah, tahukah Anda, kubis ungu memiliki banyak manfaat kesehatan terhadap tubuh yang melebihi sayur lainnya. Apa saja?

1. Serat

Tahukah Anda, satu cangkir dari kubis ungu cincang dapat memenuhi 2 gram serat. Ini sama dengan 8 persen dari nilai harian 25 gram serat yang harus dipenuhi seseorang seperti direkomendasikan oleh Food and Drug Administration AS.

Serat makanan akan mencegah kelebihan kolestrol memasuki aliran darah Anda lewat dinding usus kecil. Serat akan menyerap kolestrol yang ada kemudian mengeluarkannya lewat ampas makanan di anus.

2. Kalium

Kandungan kalium dalam satu cangkir kubis ungu cincang adalah 216 miligram. Kalium akan menjaga tingkat cairan tubuh agar tidak berfluktuasi.

Selain itu, Insitute of Medicine merekomendasikan kita untuk mengonsumsi 4.700 miligram Kalium per hari untuk mempertahankan tingkat tekanan darah yang sehat. Kalium juga mencegah tekanan otot jantung dengan mendukung kontraksi yang memicu detak jantung Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaya Vitamin

3. Vitamin C

Kandungan vitamin C dalam kubis ungu tergolong tinggi. Tapi tahukah Anda, kubis ungu mentah mengandung vitamin C lebih tinggi ketimbang yang sudah dimasak.

Satu gelas kubis ungu mentah menyediakan 51 miligram vitamin C atau 85 persen kebutuhan sehari-hari kita (60 miligram). Vitamin C merupakan antioksidan yang efektif. Ini melindungi sel dari penghancuran komposisi yang sering menyebabkan racun metabolik.

4. Vitamin A

Kandungan vitamin A dalam kubis ungu adalah 20 persen dari 5000 IU yang dibutuhkan tiap hari (993 IU). Vitamin A berfungsi mempertahankan kesehatan penglihatan dan memperbaiki penglihatan di malam hari. Ini juga mendukung respons kekebalan tubuh dan mengurangi risiko infeksi mikroba.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.