Sukses

7 Negara dengan Waktu Berbuka Paling Cepat di Dunia

Perbedaan waktu menjadi hal utama yang menyebabkan durasi ibadah puasa di setiap negara berbeda-beda.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi umat muslim, bulan suci Ramadan adalah waktu yang sangat dinanti-nanti dan sangat dirindukan. Selama sebulan penuh biasanya kalian dituntut untuk menahan segala bentuk hawa nafsu. Mulai dari menahan rasa haus dan lapar hingga menahan emosi. 

Jika kalian mengenali betul bulan Ramadan, kalian akan menemukan banyak berkah dan keistimewaan di dalamnya. Seluruh umat muslim di dunia pun berlomba-lomba melaksanakan ibadah ini dengan baik. Meski durasi puasa mereka berbeda-beda karena perbedaan waktu. 

Perbedaan waktu menjadi hal utama yang menyebabkan durasi ibadah puasa di setiap negara berbeda-beda. Karena perputaran Bumi dalam mengelilingi matahari pun tidaklah lurus. Ini yang menyebabkan periode waktu tertentu berbeda. Biasanya bagianBumi sebelah utara mendapatkan cahaya matahari lebih lama dibandingkan bagian Bumi sebelah selatan. 

Berikut tujuh negara dengan waktu puasa paling cepat di dunia.

Arab Saudi

Melakukan ibadah puasa di Arab Saudi hanya berdurasi 14 jam 30 menit, tak berbeda jauh dengan di Indonesia. Bagi kalian yang ingin mencobanya, kalian bisa pergi ke Arab Saudi sekaligus melakukan ibadah umroh bersama keluarga di sana. Ibadah puasa pun akan lebih bermakna jika kalian melakukannya sambal ibadah umroh. Apalagi dengan masyarakat yang mayoritasnya adalah umat muslim, tentu suasana Ramadan lebih terasa.

Indonesia

Beruntunglah kita yang tinggal di negara Indonesia, karena ibadah puasa di Indonesia hanya berdurasi selama 13 jam tiga menit. Hanya yang membedakannya adalah pembagian waktu WIB, WITA, dan WIT saja dalam menentukan waktu berbuka dan imsak. Selebihnya durasi puasa kalian sama, yaitu 13 jam tiga menit.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini