Sukses

Arwana Jardini, Si Cantik Asli Papua yang Mendunia

Keindahan Arwana Jardini, ikan hias dari Papua ini memukau dunia. Tak hanya arwana, ikan Rainbow Boesamani pun tak kalah memukau.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memiliki keragaman hayati berlimpah, termasuk juga melimpahnya keberadaan ikan hias. Papua misalnya, pulau di ujung timur Indonesia memiliki ragam kekayaan alami ikan hias. Setidaknya terdapat dua jenis ikan hias asli Papua yang sudah terkenal di pasar nasional dan internasional, yakni ikan rainbow dan ikan arwana jardini.

Arwana jardini sering ditemukan di kawasan perairan Merauke. Sisik arwana jardini berkilauan sangat indah seperti mutiara jika terkena cahaya lampu dari sudut yang tepat. Karena itu, arwana jardini sering juga disebut sebagai arwana mutiara.

Dilihat dari bentuk fisiknya, jumlah baris sisik arwana jardini ada tujuh atau delapan baris. Ukuran sisik ikan arwana jardini lebih kecil dibandingkan arwana asia.

Corak warna dasar arwana jardini berwarna coklat dengan bintik-bintik keemasan pada bagian tengah sisiknya, bagian kepala, bagian sirip, dan bagian ekornya. Ada pola cincin melingkar seperti bulan sabit di tepi sisik berwarna hijau atau merah.

Ikan arwana asli Papua ini memiliki 2 varian, yakni red pearl dan green pearl. Varian red pearl mudah dikenali dari adanya ragam corak seperti garis bercoret berwarna merah muda di sekitar mata dan penutup insang.

Sedangkan pada varian green pearl warnanya lebih polos, ada sisik berbintik kehijauan dengan sirip berwarna abu-abu dan hitam. Beberapa spot putih dapat ditemukan pada bagian sirip punggung dan sirip anal.

Tak hanya ikan arwana jardini yang menjadi ikan cantik Papua memukaua dunia. Papua juga memiliki ikan rainbow endemik di sekitar danau Kurumoi dan danau Sentani. Yuk, simak kelanjutan artikel tentang ikan hias di Papua yang pukau dunia dengan mengeklik tautan ini

Artikel tentang ikan hias khas Papua ini ditulis oleh Yosmo, Sahabat Liputan6 menggunakan akun @yosmo di Forum Liputan6. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Yuk, berbagi informasi menarik tentang kampusmu di Forum Liputan dengan mengeklik tautan ini. Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.