Sukses

Mengagumkan, 7 Wanita Cantik Ini Ternyata Pilot Pesawat Tempur

Siapa sangka, di balik kecantikan mereka, mereka menjadi pilot pesawat tempur yang butuh keberanian luar biasa

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi pilot identik dengan kaum pria, meski ada beberapa pilot wanita. Apalagi jika pesawat yang diterbangkan adalah pesawat tempur, tentu kebanyakan adalah para kaum pria. Mengingat pertempuran itu membahayakan, jadi tak banyak wanita yang dapat menjadi pilot pesawat tempur.

Namun, beberapa wanita dari berbagai belahan dunia ini membuktikan bahwa wanita bisa menerbangkan pesawat tempur. Meski identik dengan tugas pria, tapi para wanita ini tetap terlihat cantik dan anggun. Penasaran?

1. Mayor Mariam al-Mansouri, Uni Emirat Arab (UEA)

Seperti pilot wanita sebelumnya, Mariam al-Mansouri yang lahir pada tahun 1979 di Abu Dhabi ini juga merupakan pilot pesawat tempur pertama dari Uni Emirat Arab. Ia juga wanita pertama yang berhasil masuk ke akademi Angkatan Udara Uni Emirat Arab setelah kaum wanita diizinkan bergabung.

Wanita lulusan tahun 2007 ini menyatakan bahwa cita-citanya menjadi pilot telah ada sejak ia menduduki bangku SMA. Sebelum masuk di akademi, Mariam kuliah dulu hingga mendapat gelar sastra Inggris di Universitas Uni Emirat Arab. Suatu kehormatan baginya yang dapat menerbangkan F-16 Fighting Falcon.

2. Kapten Jammie Jamieson, Amerika Serikat

Kapten Jammie adalah lulusan dari Akademi Angkatan Udara tahun 1992. Wanita kelahiran Tacoma dan tinggal di Prosser tahun 1982 ini sempat tampil menerbangkan pesawat F-22A saat digelar McChord Air Expo tahun 2008. Sekarang, ia ditempatkan di Markas Angkatan Udara Elmendorf, Alaska, sebagai komandan Skuadron Tempur 525.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini