Sukses

Kisah Pasangan Renta, 54 Tahun Habiskan Hidup di Goa

Pasangan renta, seorang kakek dan nenek yang telah berumur ini menghabiskan hidupnya di dalam goa.

Liputan6.com, Jakarta Harga rumah makin hari makin tak terjangkau, terutama bagi para pekerja di ibu kota. Semakin rendah jabatan seorang karyawan, semakin jauh tempat tinggalnya dari tempat kerja. Bahkan beberapa orang tak bisa membeli rumah sampai akhir hayatnya.

Karena alasan ekonomi inilah, seorang pasangan di Tiongkok membuat keputusan ekstrem. 54 tahun lalu, saat baru menikah, Li Suying  dan suaminya Liang Zifu hijrah ke sebuah lereng gunung. Di gunung tersebut terdapat goa yang luas.

Kisah Pasangan Renta, 54 Tahun Habiskan Hidup di Goa

Mereka berdua tak dipusingkan dengan uang down payment (DP) yang biasanya 30 persen dari harga rumah dan tentu saja mereka juga tak perlu memikirkan uang cicilan kredit kepemilikan rumah (KPR) dan biaya-biaya administrasi lain seperti uang sampah, uang keamanan dan uang lain-lain.

Li Suying 77 tahun dan suaminya 81 tahun Liang Zifu sampai hari ini telah menghabiskan waktu selama 54  tinggal di dalam goa di luar kota Nanchong Sichuan. 

Kisah Pasangan Renta, 54 Tahun Habiskan Hidup di Goa

Banyak tantangan yang harus dihadapi ketika memutuskan berumah di dalam goa. Tinggal terpencil jauh dari tetangga, membuat keduanya tak bisa bersosialisasi. Mereka tak pernah mendengar gosip atau informasi lain yang mereka butuhkan. 

Namun mereka cukup bahagia.

Seperti dilansir Shanghaiist yang mengutip NetEase, sebenarnya mereka juga tak begitu menginginkan untuk tinggal di goa. Namun karena tak bisa membeli rumah paling murah sekalipun di kampungnya, mereka memutuskan pergi ke goa.

Kisah Pasangan Renta, 54 Tahun Habiskan Hidup di Goa

Waktu pertama kali memasuki goa, mereka juga agak terkejut, karena ruangannya yang kosong. Mereka berdua lalu merapikan tempat tersebut dan menamai ruangan-ruangan itu sebagai ruang tamu, ruang tidur dapur dan ruangan yang lebih luas untuk menampung ternak kepunyaanya.

Sampai hari ini, telah ada 3 kamar tidur di rumah goa-nya.

Kisah Pasangan Renta, 54 Tahun Habiskan Hidup di Goa

Kehidupan pasangan renta tersebut akhirnya tercium juga oleh pemerintah setempat. Pejabat di wilayah tersebut berusaha membujuk pasangan tua tersebut untuk tinggal di tempat lain yang dianggapnya lebiih manusiawi. Namun mereka menolak.

Menurut Li Suying dan suaminya Liang Zifu, mereka telah terbiasa dengan kehidupan di goa. Tinggal di goa mempunyai banyak keuntungan, katanya. "Tinggal di goa membuat kami lebih nyaman, terasa dingin saat musim panas, dan hangat ketika musim dingin.  Di sini juga terdapat sumber mata air segar, sehingga kami bisa bertahan. Selain itu kami saling memiliki satu sama lain.

Kisah Pasangan Renta, 54 Tahun Habiskan Hidup di Goa

Tak hanya pasangan Li Suying  dan suaminya Liang Zifu yang tinggal di goa, di lereng gunung di Desa Zhongdong di Provinsi Guizhou, Tiongkok bahkan terdapat perkampungan yang berada di dalam goa. 

Bagaimana menurutmu?

 

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini