Sukses

Jenius, Bocah 14 Tahun Ini Diterima di Universitas Elite

Orangtua akan bangga jika punya anak yang pintar, apalagi jika kepintarannya di atas rata-rata.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua akan bangga jika mempunyai anak yang pintar, apalagi jika kepintarannya di atas rata-rata. Orangtua yang beruntung itu adalah pasangan dari kota Heze di Provinsi Shandong, Tiongkok. Anak mereka, Zhou Tian, yang baru berusia 14 tahun telah diterima di sebuah kampus elite, Universitas Sains dan Teknologi China.

Baca Juga

Bocah jenius ini menjadi bahasan publik di Tiongkok karena prestasinya ini. Laki-laki ini meraih skor 699 dalam sebuah tes. Skor ini jauh melampaui skor yang pernah dicapai peserta tahun lalu yang diterima di Universitas Fudan.

Kejeniusan Zhou telah tampak sejak ia masih berusia 3 tahun. Tak seperti bocah seusianya, saat itu ia telah mengenali lebih dari 3.000 karakter Tiongkok. Pada usia 5 tahun, ia telah memperlihatkan bakatnya di bidang matematika. Zhou kecil sudah piawai dalam berhitung, baik penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

Tahun lalu, saat usianya 13 tahun, ia menjadi juara kedua dalam sebuah kompetisi matematika SMA tingkat nasional. Ia memperoleh nilai yang nyaris sempurna, 149 dari 150 poin. 

Jenius, Usia 14 Tahun, Bocah Ini Diterima di Unniversitas Elit

Menanggapi prestasi anaknya, orangtua Zhou dengan rendah hati mengatakan, Zhou menjadi seperti sekarang ini berkat ketekunannya dalam belajar. 

"Dia bisa menyelesaikan pelajaran lebih cepat dari jadwal," tambahnya. "Selain sekolah, ia juga kursus pelajaran SMP saat masih berada di sekolah dasar. Kursus itu ia lanjutkan dan menyelesaikan pelajaran SMA ketika masih duduk di bangku SMP."

Zhou galau. Namun setelah dipikirkan masak-masak, Zhou memutuskan untuk kuliah di kampus elite tersebut tahun ini. Semangat Zhou menyala-nyala. Ia bertekad belajar semaksimal mungkin untuk menjadi ahli matematika.

Bagaimana menurutmu?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.