Sukses

Sadar dari Koma, 7 Orang Ini Berperilaku Aneh

Koma adalah situasi darurat yang mengakibatkan seseorang mengalami keadaan tidak sadar dalam jangka waktu tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Koma adalah situasi darurat yang mengakibatkan seseorang mengalami keadaan tidak sadar dalam jangka waktu tertentu. Namun, tidak jarang dari mereka yang mengalami koma, kembali sadar.

Namun kenapa mereka yang terbangun dari koma bisa berperilaku aneh? Berikut ini tujuh orang yang terbangun dari koma dan melakukan hal aneh.

1. Anak 3 Tahun Rajin Merokok dan Minum Bir

Seorang anak berusia 3 tahun bernama Ya Wen kembali bangun dari komanya setelah mengalami kecelakaan. Setelah lima hari koma, Wen menjadi anak yang suka menenggak bir dan merokok.

Bocah ini bisa menghabiskan satu bungkus rokok dalam satu hari. Orangtuanya mengatakan, ia berubah sejak meninggalkan rumah sakit dan berubah menjadi orang dewasa. Mereka menemukan Wen sedang menghisap rokok ayahnya di dalam toilet.

2. Berhasil Melahirkan dengan Keadaan Koma

Sadar dari Koma, 7 Orang Ini Berperilaku Aneh

Valerie Leah berhasil melahirkan anaknya secara sesar pada saat dirinya sedang mengalami koma. Valerie pada saat itu berusia 35 tahun terkena virus H1N1 atau dikenal sebagai flu babi pada saat kehamilannya menginjak usia 27 minggu.

3. Bangun dari Koma, Wanita Ini Lupa Ingatan

Sadar dari Koma, 7 Orang Ini Berperilaku Aneh

Kisah yang luar biasa ini dialami Liz Sykes pada 2008 saat ia terkena disorientasi. Kekasihnya Shelton, bergegas membawanya ke Huddersfield Royal Infirmary. Beberapa hari kemudian setelah berada di rumah sakit dokter mendiagnosis dirinya terkena radang otak yang disebabkan oleh virus, infeksi dari gigitan nyamuk.

Setelah dirinya terbangun dari koma, ingatannya menjadi hilang. Bahkan untuk melakukan hal sederhana seperti berjalan dan berbicara, Liz harus belajar kembali. Namun Liz mendapatkan nominasi untuk Most Determined Learner in the Kirklees Community Adult Learning Awards.

4. Terbangun dari Koma Selama 19 Tahun Tertidur

Sadar dari Koma, 7 Orang Ini Berperilaku Aneh

Terry Willis tidak sadar selama 19 tahun karena mengalami kecelakaan. Truk yang ditumpanginya terjun ke dalam sungai. Akibat kecelakaan itu Willis lumpuh mulai dari leher sampai ke bawah.

Dokter telah memvonis dirinya sedikit memiliki kesempatan untuk kembali sadar. Namun istrinya, Sandi dan orangtuanya mempercayai bahwa Willis akan kembali bangun dari komanya. Maka mereka menempatkan Willis di sebuah pusat rehabilitasi dan setiap akhir pekan mereka mengantarkan Willis ke tempat yang sering didatangi Willis, yakni ke pertanian yang jaraknya sekitar 26 mil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nomor 4

5. Memilih Koma Setelah Bertahun-tahun Sakit

Sadar dari Koma, 7 Orang Ini Berperilaku Aneh

John Roach (50) memutuskan untuk menjalani hidupnya di dalam keadaan koma. Setelah bertahun-tahun dirinya sakit neuromuscular disorder atau dikenal sebagai gangguan saraf membuatnya menjadi putus asa.

Namun sekarang dirinya bisa menjalankan hidupnya kembali bersama istrinya Rosemary dan cucunya setelah melewati operasi dan mendapatkan suntikan dari dokternya Schwartzman dan Dr Anthony Kirkpatrick.

6. Setelah Bangun dari Koma, Gadis Ini Bernyanyi

Sadar dari Koma, 7 Orang Ini Berperilaku Aneh

Setelah Layla Towsey (3) tertular penyakit Meningitis, dokter memberitahu keluarganya untuk memberinya ciuman selamat tinggal. Namun keluarganya menolak.

Setelah menghabiskan lima hari dalam keadaan koma, Ibunya Katy, mendengarkan lagu "Mamma Mia". Setelah sadar dari koma, Layla menjadi hapal dan sering bernyanyi lagu yang dipopulerkan oleh Abba itu.

7. Gadis dari Kroasia Fasih Berbahasa Jerman

Sadar dari Koma, 7 Orang Ini Berperilaku Aneh

Sandra Ralic (13) menjadi lancar berbahasa Jerman setelah melewati koma. Sebelumnya gadis ini berbicara dengan bahasa Kroasia. Namun karena mengalami koma selama 24 jam, ia mulai berbahasa Jerman dan lupa bahasa Kroasia.

Kepala rumah sakit Dujomir Marasovic mengatakan, "Kami masih mencoba untuk mencari tahu apa penyebabnya dia lupa berbahasa Kroasia."

Penulis :

Rosa Febryanty Razak

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Koma merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu kondisi, di mana seseorang tidak sadar dan tidak memberi respons.

    Koma

  • Perilaku Aneh