Sukses

Menjejak Lahan Binaan WIKA, dari Bertemu Sapi sampai Jahe Merah

Selain pohon sengon, lahan binaan WIKA terdapat kambing dan sapi ikut diternakkan dan jahe merah dibudidayakan.

Citizen6, Jakarta Lahan binaan PT Wijaya Karya (WIKA) di Desa Cibunian, Bogor, Jawa Barat menyajikan keasrian yang hijau. Dahulu, lahan binaan yang tandus seakan tidak ada kehidupan. Kini, lahan binaan berubah menjadi daerah yang kaya pertanian, peternakan, dan perkebunan.

Jejeran pohon sengon menjadi tumbuhan utama yang menghiasi sekeliling. Para peserta Campus Citizen Journalist (Campus CJ) Edu Trip Green Adventure Camp bersama WIKA pada 30-31 Mei lalu berkesempatan menjejak Desa Cibunian. Kedua puluh peserta tak hanya menanam pohon sengon, melainkan diajak kegiatan lainnya.

Kambing Bergulir dan Sapi Ongole

Beberapa hewan yang dibudidayakan, seperti kambing. WIKA menyediakan bibit kambing betina indukan untuk dipelihara petani. Anak kambing yang dilahirkan dari indukan dibagi sesuai program menurut kesepakatan.

Sementara itu, pemberian kambing jantan berumur empat bulan untuk dipelihara petani dalam proses penggemukan. Lalu disiapkan untuk dijual pada Idul Adha, Hari Raya Kurban.

Hasil sampingan berupa kotoran kambing diproyeksikan menjadi pupuk kompos, yang dibeli oleh program penanaman pohon sengon dengan penghasilan rata-rata sekitar Rp300 ribu per petani dalam setiap bulan.

Pupuk Kompos WIKA

Pupuk Kompos WIKA

Setelah masa ternak kambing bergulir usai, CSR WIKA menggantikannya dengan sapi. Sapi yang diternakkan jenis Ongole untuk memproduksi daging. Saat dua puluh peserta Edu Trip WIKA berkunjung, sapi-sapi yang ada dalam proses penggemukan berjumlah sekitar 20 ekor.

Jahe Merah

Para petani di Desa Cibunian melakukan diversifikasi tanaman di sela-sela pohon sengon. Inilah metode praktis dalam pemanfaatan lahan untuk dilakukan tumpang sari. Nilai manfaat yang tinggi, efisien, efektif, dan produktif tanpa merusak lingkungan lainnya.

Untuk memeroleh hasil tinggi, dikembangkan pula tanaman bumbu-bumbuan untuk pasokan beberapa resto yang ada di Jakarta. Tanaman tersebut meliputi jahe merah, jahe jawa, kunir, lengkuas, serai, dan pohon salam.

Jahe Merah di Lahan Binaan WIKA

Momen yang tepat, saat peserta Edu Trip berkunjung melihat jahe. Jahe merah ada yang siap panen maupun yang sedang memasuki masa panen.

Ditulis oleh Jun Winanto

Blogger | Peserta Edu Trip Green Adventure Camp

Artikel Rekomendasi

10 Film Fiksi Ilmiah Penuh Teka Teki Bakal Menjajah Otak Kamu 

**Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail : campuscj6[at]gmail[dot]com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini