Sukses

Ramai-ramai Warga Jakarta Curhat ke Ahok Via Qlue

Aplikasi Qlue membuat pelaporan warga ke Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atau Ahok jadi cepat.

Liputan6.com, Jakarta Qlue menjadi aplikasi media sosial populer untuk masyarakat yang tinggal di DKI Jakarta yang saat ini dipimpin Ahok. Beragam laporan dapat dengan cepat disampaikan via media sosial Qlue. Kecepatan pelaporan dari masyarakat via aplikasi Qlue kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini dalam rangka mewujudkan program Jakarta Smart City.

Dari banyaknya laporan yang masuk ke Qlue, ada jenis laporan yang umumnya didapati hampir di semua tempat, juga jenis laporan yang sesuai dengan karakteristik tempat tersebut.

Dirasa efektif, penyampaian laporan warga melalui aplikasi Qlue kepada Pemprov DKI Jakarta ternyata juga banyak dimanfaatkan warga non-DKI. Hal ini membuat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok berharap, penggunaan aplikasi pendukung Smart City Jakarta ini lebih optimal.

"Ide ini kita berharap ke depan bisa jadi nasional, diterapkan di semua daerah," ujar Ahok.

Dalam catatan Liputan6.com, Ahok mengatakan, warga non-Jakarta tidak hanya menggunakan Qlue untuk menyampaikan pengaduan tentang pelayanan atau fasilitas di Jakarta, mereka juga melaporkan keluhan di wilayah luar Jakarta. Dia berharap agar aplikasi semacam ini diadopsi seluruh daerah. Pernyataan ini disampaikan Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (22/10/2015) silam.

Saat dihubungi Liputan6.com, Elita Yunanda, Head of Communications QLUE mengatakan lebih dari 80 persen dari laporan masyarakat direspon oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Sejauh ini, Qlue telah memiliki user sebanyak 500.000 dengan 40.000 posting rata-rata per hari dan 80 persen di antaranya telah direspons oleh pemerintah Jakarta," kata Elita Yunanda.

Ia menambahkan, dari banyaknya laporan warga terdapat lima kategori yang banyak dilaporkan oleh warga selama periode 1 Januari - 30 Mei 2016. Simak di artikel Forum Liputan6 dengan meng-klik disini untuk membacanya.

Rekomendasi Artikel

Cerita Leonardo DiCaprio Tinggal di Bandung dan Falsafah Tahu Gejrot


**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.