Sukses

Hantu Cantik Itu Bukan Mariam si Manis Jembatan Ancol

Ridwan Saidi menyayangkan adanya imej Ariah sebagai hantu penganggu.

Citizen6 Jakarta - Ancol yang terletak di wilayah Jakarta Utara menyimpan cerita tentang sosok perempuan mistis yang dipercaya masyarakat sebagai hantu perempuan cantik. Jembatan disebut-sebut itu berupa jembatan model dulu yang "goyang." Kabarnya, pada zaman dulu, ada pelukis Ancol yang didatangi seorang perempuan yang minta dilukis.

dok: Forum Liputan6.com

Dikabarkan tahun 1978 seorang pelukis di Pasar Seni Ancol bernama Eyang Broto, yang juga penganut Kejawen, dihampiri seorang perempuan. Saat selesai melukis, si perempuan tiba-tiba hilang. Sosok itulah yang dipercaya sebagai si Manis Jembatan Ancol.

Lukisan karya Eyang Broto itu menjadi sangat fenomenal. Lukisan yang diselesaikan pada 4 Juli 1978 itu bila diperhatikan secara detail dan fokus memang memiliki "magnet" tersendiri.

Begitu kuatnya cerita tentang hantu cantik ini sampai-sampai layar perak dan layar kaca pun turut melambungkan kisah si Manis Jembatan Ancol. Kisahnya pernah diangkat ke layar lebar pada 1973 dengan bintang Lenny Marlina, Farouk Afero, dan Krisbiantoro. Kisah film ini boleh dikatakan sebagai awal cerita si Manis Jembatan Ancol.

Karena keangkerannya, Jembatan Ancol kemudian dijadikan film layar lebar pada tahun 1973 dengan bintang Lenny Marlina. Lalu tahun 90-an, Diah Permatasari dan Kiki Fatmala juga didaulat menjadi Maryam, Si Manis Jembatan Ancol. (Liputan6.com/Nasuri Suray)

Lain film, lain pula sinetronnya. Kisah si manis yang bernama Mariam diangkat pula melalui Mariam Si Manis Jembatan Ancol yang tayang di Indosiar dengan Kiki Fatmala sebagai Mariam pada medio 1990-an, sementara di RCTI juga ada Si Manis Jembatan Ancol dengan bintangnya Diah Permatasari. Kedua-duanya menceritakan tentang petualangan Mariam, hantu cantik yang selalu menolong para hantu yang baru mati dengan menanyakan penyebab kejadian mereka mati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Versi Betawi

Kisah Versi Betawi

Lain versi film, lain pula versi legenda di Betawi. Ridwan Saidi, budayawan Betawi yang tumbuh di Sawah Besar, mengatakan legenda si Manis Jembatan Ancol berawal dari kisah Ariah, seorang gadis yatim.

Konon pada awal abad ke-19, zaman Hindia Belanda di Batavia, hidup Mak Emper serta anaknya, Siti Ariah. Mereka tinggal di suatu paviliun punya seorang juragan kaya.

Waktu Ariah berumur 16 tahun, sang juragan punya niat menikah dengan Ariah. Akan tetapi, Ariah tidak ingin karena ia hanya akan dijadikan selir. Maka ia pun kabur untuk menghindari niat jahat sang juragan kaya.

Dalam pelariannya, Ariah bersua dengan Oey Tambahsia, seorang yang populer serta kaya raya di Batavia waktu itu. Oey Tambahsia mempunyai vila di lokasi Bintang Mas (saat ini daerah Ancol). Ia memergoki Ariah dan terpana dengan kecantikannya. Ibaratnya Ariah keluar dari kandang macan masuk ke sarang buaya, sebab Oey juga mata keranjang.

Oey yang dikenal suka mengoleksi wanita muda ternyata tergoda dengan kecantikan Siti Ariah. Maka, Oey memerintahkan dua orang centengnya untuk menangkap Siti Ariah.

Ariah lari serta memberi perlawanan yang sangat hebat pada dua centeng bernama Pi’un serta Surya. Sampai pada akhirnya di Bendungan Dempet dekat Danau Sunter, Ariah menemui ajal di tangan kedua centeng itu.

Jenazahnya dibuang di ruang persawahan, sekitar 400 meter dari Jembatan Ancol. “Peristiwa itu berlangsung pada 1817,” kata Ridwan Saidi yang melakukan riset perihal legenda Ariah dari saksi-saksi hidup pada tahun 1955-1960.

 

Ade Juwita di sinetron Si Manis Jembatan Ancol. (Via: jejakandromeda.com)

Desas-desus mengenai kisah ini bahkan bisa dilacak sampai kepada surat kabar yang beredar waktu itu. Pada tahun 1950-an, koran seperti Keng Po beberapa kali memuat berita kecelakaan lalu lintas di Jembatan Ancol yang sering membawa korban manusia. Penumpang atau sopir yang selamat menceritakan hal yang mirip tentang awal terjadinya petaka.

Seperti ditulis Intisari edisi Ketoprak Betawi terbitan Juni 2001, biasanya kecelakaan terjadi senja atau malam. Saat kendaraan meluncur, dekat jembatan tiba-tiba muncul sosok perempuan ayu. Terkadang ia cuma berdiri di tepi jembatan di tengah jalan yang masa itu sepi. Kadang-kadang si perempuan itu menyeberangi jalan. Terang saja pengemudi jadi lengah, sehingga mobil tahu-tahu keluar dari badan jalan atau menabrak pohon.

Namun menurut koran Belanda Java Bode, mungkin saja saat itu sopir-sopir sudah sangat kelelahan, sehingga mengalami halusinasi.

Mitos yang berkembang di masyarakat ditambah sinetron di televisi membuat kisah Mariam alias Ariah semakin populer. Ridwan Saidi menyayangkan adanya imej Ariah sebagai hantu pengganggu. Padahal, kata Ridwan Saidi, Ariah adalah perempuan yang dibunuh lantaran mempertahankan kehormatannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini