Sukses

7 Tips Memotret Makanan dengan Kamera Ponsel

Memotret makanan menggunakan kamera ponsel pun ada ketentuannya jika ingin mendapatkan hasil yang bagus. Apa saja?

Citizen6, Jakarta - Memotret makanan dengan ponsel untuk sekarang ini sangat sering dilakukan. Hasil foto dari ponsel pun nggak kalah bagus dengan DSLR. Pemilihan ponsel untuk motret makanan, salah satunya karena praktis. Nggak repot nenteng DSLR saat mau motret di restoran, di rumah pun serba praktis juga karena motret dari ponsel bisa langsung diedit dan dibagikan ke semua sosial media sambil selonjoran di sofa.

Apalagi untuk ukuran sekarang ini di mana produsen ponsel berlomba memberikan fitur-fitur menarik bawaan ponsel salah satunya besaran kamera. Kalau dulu 5MP sudah paling keceh, sekarang ini ada ponsel yang sudah 13MP bisa dikatakan hampir setara dengan DSLR.

Jika kualitas kamera hampir setara dengan DSLR, ngapain juga pakai DSLR? Dengan ponsel, semua menjadi lebih mudah. Balik lagi ya ke motret makanan. Jika diperhatikan tren motret makanan ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Bahkan sudah menjadi pekerjaan tetap bagi sebagian orang yang sering disebut food photographer.

Begitu juga dengan blog niche makanan yang sering disebut food blogger, seringkali mereka mendapat kesempatan untuk review restoran atau produk, mau nggak mau harus bisa motret makanan dengan baik. Ketika melihat foto-foto mereka seliweran di feed Instagram atau FB, pasti kita pengin juga ya bisa motret kayak mereka.

7 tips motret makanan dengan kamera ponsel:

1. Love your phone

Kita harus bisa memiliki chemistry dengan ponsel. Lebay ih! Serius ini beneran. Kita harus mengenal ponsel kita seperti kita mengenal pasangan kita. Harus bisa tahu seluk beluk segala setting-an di kamera. Sehingga saat motret kita tinggal memvariasikan styling makanan atau sudut pengambilan foto.

Sekarang ini ya, ponsel sudah canggih ada ISO dan Exposure, nah cari tau kedua hal itu. Misalnya, untuk di tempat yang cahayanya berlimpah, ISO nya 100-200, Exposure 1-2. Sedangkan di tempat lemah cahaya ISO nya dibesarkan, Exposure nya dikecilkan. Jadi, ISO-Exposure ini berbanding terbalik ya. 😀

Untuk iPhone, seringkali motret ada kotaknya kan? Nah itu untuk menentukan fokus. Coba deh mainkan fokus, akan kelihatan jika fokus di kanan maka cahayanya seperti ini, gitu juga sebaliknya.

2. Props itu penting!

Props itu istilah untuk properti fotografi makanan. Kayak apa? Sebangsa serbet, talenan, alas foto, sendok dan garpu. Biasanya hal yang penting banget dimiliki itu : alas foto, serbet, talenan, sendok dan garpu.

Untuk variasi props bisa nanti ditambahkan sesuai kebutuhan, ya. Tapi, pengalaman saya nih, saya suka kalap jika melihat props entah itu diskonan di toko, ke pasar tradisional atau onlineshop.

Selengkapnya, baca langsung di sini

Pengirim:

Ranny Afandi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini