Sukses

5 Atlet Legendaris Indonesia Ini Namanya Terlupakan

Citizen6, Jakarta - Negeri ini pernah memiliki banyak sekali legenda olahraga yang telah membawa Merah Putih berkibar di kancah Internasional. Di tangan, kaki, dan bahkan kepala mereka, Indonesia jadi perbincangan dunia. Namun apa yang terjadi sekarang? Apakah banyak anak bangsa Indonesia yang tahu dan ingat dengan mereka?

1. Suryo Agung Wibowo - Pelari

Suryo Agung Wibowo dikenal sebagai manusia paling cepat di Asia Tenggara. Ia adalah pelari spesialis 100 meter kebanggaan Indonesia yang sangat melegenda. Catatan terbaik dari Suryo adalah 10,17 detik untuk jarak tempuh 100 meter. Hal ini membuat Suryo menjadi pemecah rekor di pertandingan lari SEA Games.

Lari dan segala jenis olahraga atletik tidak begitu dijagokan di Indonesia. Meski demikian, Suryo tetap berjuang dan menunjukkan kemampuan terbaiknya. Ia membawa nama baik Indonesia hingga kancah internasional meski saat ini tak banyak yang tahu siapa dia. Anda pernah ingat atau sekadar mendengar nama Suryo Agung Wibowo?

2. Richard Sambera - Perenang

Prestasi Indonesia di bidang olahraga renang bisa dibilang sangat minim. Bahkan untuk kancah regional seperti Asia Tenggara sekalipun masih keok jika dibandingkan dengan negara lain. Pencapaian terbaik dari Indonesia terjadi saat Richard Sambera masih aktif dan menjadi motor penyumbang medali terbanyak bagi negeri yang sudah haus akan prestasi.

Richard Sambera mungkin belum sehebat perenang lain yang menembus Olimpiade atau kejuaraan dunia. Namun ia sudah cukup hebat dengan menggondol banyak sekali medali di SEA Games 1991, 1995, 1997 dan terakhir di 2005.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6