Sukses

Ini Makanan Sehat yang Jadi Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

Citizen6 Jakarta Suatu makanan yang mempunyai gizi yang baik belum tentu dapat diterima oleh tubuh ketika dicampur dengan jenis makanan lainnya. Kebiasaan mengkombinasi makanan kadang disalahartikan sebagai upaya untuk memperoleh kandungan gizi yang banyak. Padahal tidak, entah karena buru-buru atau memang tidak tahu, seringkali kita tidak memedulikan kandungan makanan yang kita makan, khususnya makanan berkombinasi.

Dilansir dari food.com, ada beberapa jenis makanan yang ketika dicampur dengan makanan tertentu akan menimbulkan dampak yang buruk buat tubuh. Apa saja makanan itu, berikut penjelasannya.

Kedalai dan Bayam

Ketika kedelai dan bayam dimakan secara bersamaan maka akan berbahaya untuk perut. Dilansir dari food.com, keduanya akan mempengaruhi penyerapan kalsium dan dapat menyebabkan penyumbatan di perut. Kedelai di dalam usus berperan membentuk endapan yang tidak larut yaitu oksalat sedangkan bayam mengandung asam oksalat yang keduanya akan berkreasi menyerap kalsium.

2 dari 8 halaman

Kedelai dan Daun Bawang

Kombinasi kedelai dan daun bawang juga dapat menyerap kalsium. Kedelai seperti yang dijelaskan di atas, mempunyai kandungan nutrisi seperti protein dan kalsium. Sedangkan bawang hijau mengandung oksalat. Ketika kedua kandungan itu bertemu maka akan mengahancurkan kalsium dalam tubuh. Sehingga jika seseorang memakan keduanya dalam waktu yang lama dapat dipastikan seseorang itu akan mengalami kejang, osteomalacia, dan patah tulang karena kekurangan kalsium.

3 dari 8 halaman

Susu dan Coklat

Percaya atau tidak, susu dan coklat tidak cocok. Sementara susu kaya akan protein dan kalsium, coklat mengandung asam oksalat. Dimakan bersama-sama, kalsium dari susu dan asam oksalat coklat dapat menggabungkan dan membentuk kalsium oksalat yang selain tidak mudah larut dalam tubuh, juga dapat menyebabkan diare.

4 dari 8 halaman

Daging dan Cuka

Menurut Compendium of Materia Medica, sebuah buku tentang pengobatan herbal Cina, memakan daging dan cuka sangat merugikan kesehatan jantung. Sebab daging adalah makanan panas sedangkan cuka bersifat hangat seprti alkohol. Ketika keduanya dimasak bersama-sama, mereka dapat meng-overaktifkan energi dan sirkulasi.

5 dari 8 halaman

Kepiting dan Teh

Di restoran seafood, warung, dan tempat makan lainnya beberapa orang mungkin terbiasa dengan minum teh setelah makan kepiting. Entah mengira atau tidak, hal itu bukan kombinasi yang baik untuk pencernaan. Cairan lambung akan diencerkan setelah minum teh sambil makan kepiting, dan ini tidak hanya mengganggu asimilasi tetapi juga mengurangi kemampuan lambung untuk mensterilkan. Di sisi lain, teh memiliki asam tannic yang tinggi.

6 dari 8 halaman

Udang dan Vitamin C

Kandungan senyawa dalam udang dapat berubah menjadi arsenik ketika bertemu dengan Vitamin C. Jika seseorang makan udang dan juga memakan banyak vitamin C pada hari yang sama, ia mempunyai risiko serius. Jadi setelah menyantap hidangan dengan menu udang sebaiknya menghindari minum es jeruk ataupun minuman lainnya yang engandung vitamin C yang tidak sedikit.

7 dari 8 halaman

Lobak Putih dan Wortel

Meskipun tidak menyebakan dampak yang serius tetapi memakan lobak dapat merusak kandungan Vitamin C dari wortel. Untuk mendapat nutrisi terbaik akan lebih bijak jika memakan dua makanan tersebut secara terpisah.

8 dari 8 halaman

Kesemek dan Ubi Jalar

Buah kesemekĀ  dan ubi jalar mempunyai senyawa yang jika bertemu di dalam perut dapat menyebabkan penyumbatan. Gula dalam ubi jalar difermentasi dalam perut, yang meningkatkan asam lambung. Jika kedua makanan ini sering bertemu bahkan bisa menyebabkan perdarahan lambung.

Itulah beberapa makanan yang disinyalir dapat menimbulkan dampak yang buruk untuk teubu jika dikonsumsi secara bersamaan. Apakan Anda sering memakannya begitu saja?

(war)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6