Sukses

5 Bangunan Berbentuk Lingkaran, Unik dan Menakjubkan

Bangunan-bangunan ini memiliki bentuk lingkaran yang membuatnya tampak menakjubkan

Citizen6, Jakarta Terinspirasi oleh simbolisme lingkaran dan bola, arstek kerap merancang bangunan melingkar sejak zaman kuno. Menara berbentuk bulat dan kubah bola telah digunakan terutama di Yunani dan Romawi. Dalam pengembangan arsitektur modern, bentuk lingkaran dan bulat kembali digemari. Berikut beberapa bangunan unik berbentuk lingkaran seperti dikutip dari Amusing Planet, Rabu (30/12/2015).

1. The Al Dar Headquarters, Abu Dhabi

Gedung yang terletak di Abu Dhabi ini memiliki bentuk seperti koin yang diberdirikan. Strukturnya benar-benar melingkar di ketinggian dan melengkung ke segala arah. Bangunan yang dirancang oleh MZ Architects ini memiliki tinggi 121 meter dan terdiri dari 23 lantai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sunrise Kempinski Hotel

2. Sunrise Kempinski Hotel, Beijing

Terletak sekitar 60 km dari pusat kota Beijing, bangunan ini tampak seperti matahari terbit bila dilihat dari depan. Sementara dari samping, hotel ini lebih menyerupai kerang yang mewakili keberuntungan dalam budaya Cina.

Dibuka pada bulan November lalu, hotel mewah ini berdiri di tepi Danau Yanqi dan dirancang oleh Shanghai Huadu Arsitek Desain Co. Tak hanya itu, bangunan setinggi 97 meter ini memiliki 21 lantai dengan 306 kamar, ruang pertemuan, fasilitas rekreasi, dan kebugaran.

3 dari 4 halaman

Guangzhou Circle

3. Guangzhou Circle, Guangzhou

Masih terletak di Cina, bangunan berbentuk donat ini merupakan rumah baru Guangdong Plastic Exchange, pusat perdagangan bahan baku plastik terbesar di dunia. Berdiri di tepi Sungai Pearl, gedung 138 meter tersebut dirancang oleh Di Pasquale. Sebuah lingkaran dengan diameter 50 meter membuat gedung 33 lantai ini tampak menakjubkan. Saat terefleksi di sungai, gedung ini tampak seperti angka delapan yang jadi delapan, angka keberuntungan dalam budaya Cina.

4 dari 4 halaman

Fangyuan Mansion

4. Fangyuan Mansion, Shengyang

Masih berbentuk bulat namun lebih tampak seperti koin Cina kuno, mansion ini terletak di Shanghai dengan tinggi 100 meter. Selesai dibangun pada 2011, gedung ini dirancang oleh CY Lee & Partners dan sempat dicap sebagai salah satu bangunan paling jelek di dunia oleh CNN.

5. Radisson BLU Hotel, Frankfurt

- 

Hotel ini pertama kali dibangun pada tahun 2005. Dirancang oleh arsitek John Seiffert, strukturnya terbuat dari kaca dan rangka beton. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini