Sukses

5 Alasan Kenapa Solo Traveling Membuatmu Ketagihan

Citizen6, Jakarta Saat pertama kali berpergian seorang diri, kamu akan mendapatkan pengalaman yang menegangkan sehingga sulit terlupakan. Mungkin, untuk pertama kalinya dalam hidup, kamu hanya akan mengandalkan diri sendiri tanpa harus merepotkan orang lain. Seperti ketika kamu tidak memiliki siapapun yang akan membantumu untuk menjaga tas ketika suatu saat ingin pergi ke toilet umum.

Berpergian seorang diri seolah akan membuatmu seperti orang yang terdampar di antah barantah, namun hal inilah yang biasanya justru membuat kamu merasa ketagihan untuk dapat melakukan traveling seorang diri lagi di kemudian hari.

Mengapa melakukan perjalanan seorang diri dapat membuat Anda merasa ketagihan? Sebetulnya alasannya cukup sederhana, karena ada sesuatu yang benar-benar tidak ada duanya yang akan Anda rasakan. Anda akan merasakan nikmatnya menaklukkan tantangan yang Anda hadapi sendiri. Berpergian seorang diri, berarti memilih petualangan Anda sendiri. Anda tidak harus terpaku pada aturan dan jadwal, dan itulah arti dari sebuah kebebasan yang sesungguhnya.

Berikut ini adalah 5 alasan mengapa berpergian seorang diri mampu membuat Anda merasa ketagihan dan selalu ingin mengulangi di kesempatan waktu yang lain:

1. Anda Akan Menikmati Rasanya Keluar dari Zona Nyaman

Perjalanan seorang diri selalu menjadi pengalaman yang hebat, karena hal tersebut dapat membawa Anda ke setiap langkah yang belum pernah Anda ketahui dan belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Kemudian Anda akan tersadar, jika masih banyak tempat dan hal di luar sana yang jauh lebih indah dan nyaman dari apa yang selama ini Anda ketahui.

Melakukan perjalanan seorang diri akan membuat Anda lebih cenderung untuk berbicara dengan orang asing dan Anda akan melihat dan mengenal lebih banyak orang. Anda juga akan mencoba banyak hal baru yang nantinya akan membuat Anda beranggapan jika “zona nyaman” Anda yang selama ini Anda rasakan hanyalah bagian dari masa lalu.

2 dari 5 halaman

Cara Memimpin

2. Anda akan Mempelajari Cara Memimpin

Jika berpergian seorang diri diibaratkan sebuah film, berarti Anda adalah sutradara, produser dan sekaligus aktor dalam film yang Anda ciptakan sendiri. Tetapi, sering kali akan ada momen yang berjalan tak sesuai harapan yang menghampiri Anda, dan menariknya hal inilah yang akan sulit untuk dilupakan dan menjadi cerita tersendiri bagi Anda.

Saat Anda memulai perjalanan seorang diri, berarti Anda telah menyepakati diri Anda sendiri untuk bertanggung jawab atas apa yang akan terjadi pada diri Anda. Anda bertanggung jawab atas setiap keputusan yang Anda buat, dan tidak ada yang lebih menyenangkan ketika Anda menyadari bahwa diri Anda mampu memikul tanggung jawab tersebut, sehingga secara tak langsung akan melatih Anda meiningkatkan kemampuan menjadi seorang pemimpin.

3 dari 5 halaman

Menghargai Momen

3. Anda akan Mempelajari Untuk Menghargai Setiap Momen Di Hidup Anda

Tidak akan ada yang mengharuskan Anda untuk menetap pada suatu tempat hanya karena Anda merasa takjub pada tempat tersebut, karena dalam perjalanan Anda, akan ada banyak pemandangan dan pengalaman tak biasa yang akan Anda alami. Lalu menyimpan pengalaman berharga tersebut seorang diri, pengalaman yang mungkin tidak akan pernah terulang kembali, sehingga Anda akan menikmati setiap detik dan waktu dalam perjalanan Anda.

Melakukan perjalanan seorang diri berarti tanpa seorang teman pun di samping Anda, hanya ada telinga Anda yang akan menjadi pendengar yang baik dari setiap cerita yang Anda alami selama perjalanan. Hal itulah yang membuat Anda seolah larut dan tenggelam dalam pengalaman-pengalaman perjalanan yang Anda simpan seorang diri. Perjalanan seorang diri memberi Anda ruang untuk menghargai setiap detik yang terlewat, setiap langkah yang terpijak, melalui telinga, mata, dan kaki Anda sendiri.

4 dari 5 halaman

Menemukan Jati diri

4. Anda akan Menemukan Jati Diri Anda yang Sesungguhnya

Di zona nyaman Anda selama ini, Anda mungkin menjadi orang yang pemalu. Ketika Anda melakukan perjalanan seorang diri, Anda bisa menjadi seorang petualang, seorang fotografer, seorang petani, seorang penyelam. Apapun akan menjadi menarik bagi Anda, dan Anda sendirilah yang memilih!

Anda akan menemukan banyak hal tentang diri Anda yang selama ini belum pernah Anda ketahui. Kebebasan untuk menemukan jati diri Anda inilah yang nantinya akan membuat Anda merasa candu untuk berpergian seorang diri, dan melupakan pengalaman buruk yang mungkin ada di masa lalu hidup Anda.

5 dari 5 halaman

Menyikapi Masalah

5. Anda akan Mempelajari Cara Menyikapi Masalah Dari Sudut Pandang Yang Berbeda

Untuk mereka yang hobi berpergian seorang diri, mereka akan lebih terbiasa untuk menyikapi sebuah masalah lebih bijak. Karena dalam perjalanan yang dilakukan, mereka harus lebih berhati-hati dengan barang bawaan mereka, harus tetap waspada saat melakukan perjalanan di malam hari di tempat yang sebelumnya belum pernah mereka kunjungi, dan tentang bagaimana mempercayai orang-orang baru yang ditemui saat perjalanan.

Hal tersebutlah yang melatih untuk melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda. Kemampuan melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda inilah yang nantinya akan sangat berharga bagi perjalanan hidup Anda di masa depan, dan menjadi salah satu kebiasaan baik yang akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Jadi, setelah mengetahui fakta-fakta yang disebutkan tadi, apakah Anda tertarik untuk melakukan perjalanan seorang diri?

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6