Sukses

4 Kisah Penyihir di Dunia Nyata yang Berakhir Tragis

Mereka disebut penyihir dan dibunuh dengan cara mengerikan

Citizen6, Jakarta Mendengar tentang penyihir identik dengan seseorang yang memiliki kemampuan magis. Cerita tentang mereka sering kita dengar dalam dongeng atau film, yang menjelaskan bahwa mereka adalah seorang yang jahat.

Namun di dunia nyata, nasib orang yang disebut-sebut sebagai penyihir dikelilingi dengan cerita gelap. Selama periode awal (1400-1700), diperkirakan ada 70.000 sampai 100.000 orang dieksekusi karena dianggap sebagai penyihir.

Berikut beberapa kisah nyata tentang penyihir di dunia nyata. Kebanyakan dari mereka berakhir tragis dengan cara dihukum mati.

1. Mother Shipton

Ursula Southeil, atau yang lebih dikenal sebagai Mother Shipton, ia adalah seorang pemimpin mistis Inggris abad ke-16 yang cukup ditakuti dan dihormati. Diduga ia juga lahir dari seorang penyihir, masyarakat sekitar sering menyebutnya dengan "Hag Face" karena ia memiliki wajah yang buruk rupa dan sangat menyeramkan. Masyarakat juga menduga bahwa ayahnya adalah seorang iblis.

Meskipun wajahnya sangat menyeramkan, Mother Shipton dikenal sebagai penyihir Inggris terbesar yang pernah hidup. Menurut legenda, ia telah meramalkan armada Spanyol, wabah besar London, dan pelaksanaan Mary Queen of Scots.

Dalam kisah penyihir lainnya, kematian Mother Shipton cukup normal, ia meninggal dengan keadaan damai bukan dengan pedang seperti kebanyakan penyihir yang hidup sebelum dan sesudah masanya. Ia dimakamkan di tanah suci pada tepi luar York sekitar tahun 1561.

2. Agnes Sampson

Agnes Sampson adalah salah satu dari 70 orang yang dituduh sebagai penyihir di wilayah North Berwick pada tahun 1590-1592. Dia diduga sebagai dalang dari penyingkiran Raja James VI Sokotlaindia dengan menggunakan sihirnya.

Agnes ditangkap berdasarkan tuduhan yang diberikan penyihir lain yang bernama Gellis Duncan. Interogasi yang terus menerus ditekan dan disertai penyiksaan membuat Agnes mengaku bahkan dilakukan oleh Raja sendiri. Namun, legenda menyatakan bahwa Agnes bersikeras membantah semua tuduhan yang menerpa dirinya. 

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.