Sukses

Festival Vegetarian Super Ekstrem Digelar di Thailand

Hal yang terpikir saat orang mendengar nama festival vegetarian mungkin adalah sekelompok vegetarian yang makan sayur dan buah bersama-sama.

Citizen6, Jakarta Hal yang terpikir saat orang mendengar nama festival vegetarian mungkin adalah sekelompok vegetarian yang makan sayur dan buah bersama-sama. Tapi ternyata Thailand punya perayaan tersendiri bagi vegetarian. Bukan memakan sayur-sayuran atau buah-buahan, melainkan orang yang ikut serta dalam festival tersebut harus ‘memakan’ benda-benda tajam seperti jarum atau pedang.

Di Indonesia mungkin hal seperti ini dikenal dengan atraksi debus. Namun orang Thailand melakukannya secara beramai-ramai dalam sebuah festival. Setiap peserta festival sengaja menusukkan jarum berukuran besar atau pedang kecil menembus pipinya dari satu sisi ke sisi lainnya. Ini merupakan salah satu puncak dari perayaan Tao selama sembilan hari.

Meskipun dinamakan festival vegetarian, namun festival atau perayaan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Festival ini dilakukan setiap tahun sekali di kawasan Phuket dan sudah sejak lama menjadi salah satu daya tarik wisata tersendiri di Thailand, khususnya daerah Phuket. Festival ini melewati jalan-jalan dengan tabuhan drum, gong dan kembang api.

Festival Vegetarian ini dimulai pada bulan kesembilan di kalender Cina. Bukan hanya di Thailand, tapi festival ini juga dilakukan pada beberapa negara di Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan Myanmar. Bagi masyarakat sekitar, ini bukan hanya sebuah festival, tapi juga ritual suci yang diyakini bisa memberikan nasib baik bagi masyarakat.

Pengirim:

M. Sufyan

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.