Sukses

Intip Perayaan Idul Adha Umat Muslim Dunia

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hari raya yang sangat dinanti-nanti kedatangannya oleh umat muslim adalah hari raya idul adha atau hari raya qurban. Idul adha merupakan peringatan peristiwa kurban ketika nabi Ibrahim rela mengurbankan putranya ismail demi kecintaanya terhadap allah swt.

Melihat kesungguhan dan kecintaanya yang benar benar besar, allah swt akhirnya meminta nabi Ibrahim untuk mengganti kurbannya menjadi seekor domba. Sejak saat itulah seluruh umat muslim di dunia terutama yang mampu diwajibkan berkurban dengan menyembelih kambing, domba, sapi, kerbau ataupun onta.

Daging kurban ini kemudian dibagikan kepada orang orang yang tidak mampu. Di Indonesia sendiri perayaan idul adha didahului dengan sholat ied bersama-sama setelah itu baru dilakukan penyembelihan hewan kurban.

Selain di Indonesia ternyata di berbagai Negara lain terdapat tradisi unik yang dilakukan saat perayaan idul adha. Bagaiamanakah keunikan perayaan idul adha di negara-negara tersebut? Berikut ini informasinya.

1. Rusia-Menyembelih di Rumah Potong Hewan

Jika di Negara lain perayaan idul adha dirayakan secara meriah, di rusia perayaan idul adha menjadi sedikit berbeda. Karena di hari ini jalan-jalan serta lapangan rusia akan dipenuhi oleh ribuan umat muslim rusia yang hendak menunaikan ibadah sholat idul adha. Hal ini pun terpaksa dilakukan karena terbatasnya rumah ibadah yang memadai di rusia.

Seperti yang diketahui jumlah umat muslim yang berada di ibu kota rusia sendiri kurang lebih terdapat lima juta jiwa namun sangat sulit menemukan masjid di Rusia. Selain itu untuk penyembelihan hewan kurban, masyarakat muslim di rusia harus mengikuti ketentuan pemerintah dengan melakukan pemotongan hewan kurban di rumah potong hewan yang tersebar di pinggiran kota moskow.

Hal ini dilakukan karena beberapa tahun sebelumnya warga muslim rusia banyak melakukan pemotongan hewan kurban di halaman apartement atau rumah mereka yang berakibat banyak menuai protes.

2. Tiongkok-Dimeriahkan Berbagai Pertunjukan

Negara di tiongkok juga memiliki tradisi yang sedikit unik dan berbeda saat perayaan idul adha. Jika di Indonesia baik umat muslim pria maupun wanita akan sama-sama melaksanakan sholat ied di masjid lain halnya dengan umat muslim di nixhia tiongkok. Disini umat muslim etnis hui hanya memperbolehkan kaum prianya saja untuk melakukan sholat eidul adha di masjid.

Sedangkan kaum wanita dilarang melakukan sholat idul adha di masjid. Tak hanya itu sesuai dengan kebiasaan masyarakat tiongkok, tradisi pembakaran heo pun dilaksanakan dengan maksud ruangan masjid lebih harum. Perayaan idul adha pun berlanjut dengan diadakannya sebuah pertunjukan khusus yang digelar di taman rakyat. Pagelaran ini pun dimeriahkan dengan berbagai penampilan tari tradisional dari etnis hui dan berbagai nyanyian yang didukung dengan latar panggung yang indah serta kostum para pemainnya yang berwarna-warni. Pagelaran ini pun menjadi agenda wisata yang cukup menarik bagi wisatawan dunia. Selengkapnya dapat dibaca di sini

 

Pengirim :

Hadi Hariyanto

 

**Ingin Berbagi Informasi dari dan untuk Anda Melalui Citizen6? Caranya dapat dibaca di sini

Loading