Sukses

Inilah Penjelasan Alamiah Ombak Parangtritis Mematikan

Ombak di Pantai Parangtritis dikenal sangat ganas. Sudah banyak wisatawan yang menjadi korban. Kenapa ini bisa terjadi?

Citizen6, Jakarta Pantai Parangtritis seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis. Banyak mitos berkembang di pantai ini. Tak boleh mengenakan pakaian berwarna hijau, dan kerap hilangnya orang yang terseret ombak dikaitkan jika orang yang hilang dijadikan budak oleh Nyi Roro Kidul.

Namun hal ini tidak benar. Memang ombak Parangtritis besar dan mematikan, namun hal ini bukan karena Nyi Roro Kidul. Ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Orang yang terseret ombak Parangtritis yang sering tidak ditemukan adalah karena orang tersebut terseret ombak rip current. Rip current adalah ombak ganas yang sangat mematikan, kecepatannya sampai 80 kilometer per jam.

Arus balik adalah ombak yang datang membentur pantai kemudian mencapai lagi. Arus balik ini sangat cepat, bahkan dalam hitungan detik. Arus balik ini tidak hanya terjadi di satu tempat saja, melainkan berbagi tempat. Selengkapnya

Pengirim:

Melati Oktaviani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini