Sukses

Pulangkampuang.com Ajak Urang Awak di Rantau Bangun Sumbar

Citizen6, Jakarta Bermacam cara membangun kampung halaman. Salah satu di antaranya seperti dilakukan Faldo Maldini dan Selvin Andika ZM, dua putra Minangkabau yang membuat portal Pulangkampuang.com. Portal itu menyatukan kampung dan tanah perantauan.

“Pulangkampuang.com bertujuan menghubungkan orang Minang yang ada di rantau dan di kampung (Sumatera Barat). Portal ini sebagai wadah gerakan untuk berkontribusi bagi urang awak yang masih berjuang di daerah rantau maupun di Ranah Minang,” ujar Faldo Maldini, salah seorang penggagas gerakan itu, Sabtu (11/7).

Dia menyebutkan, inisiatif sederhana ini dilakukan karena ia melihat banyak sekali urang awak yang sukses dan besar di perantauan dan di kampung. “Jika kekuatan para perantau itu dikumpulkan secara bersama-sama kami percaya hal ini akan bisa membangun Ranah Minang ke arah yang lebih baik,” kata Faldo Maldini.

Dijelaskan, Ranah Minang adalah tanah tempat memulai segala sesuatu. Dari sini segala karya dan kesuksesan dimulai, dari sini pula orang Minang tumbuh dan belajar. “Ranah Minang adalah tempat di mana kami ditempa dengan banyak sekali adat dan budaya, membuat kami hidup dengan falsafahnya hingga hari ini,” paparnya.

Menurutnya, gerakan ini ke depan akan melakukan tiga aktivitas utama. Yaitu, mengadakan seminar inspirasi dengan mendatangkan orang-orang Minang sukses yang nantinya bisa menginspirasi pemuda khususnya agar menjadi kebanggaan Ranah Minang. Selanjutnya, portal www.pulangkampuang.com akan menjadi portal yang menampung segala ide, gagasan bahkan aksi nyata sebagai media inspirasi rujukan urang awak.

“Yang tak kalah penting, aktivitas crowd funding akan turut digagas oleh www.pulangkampuang.com bagi siapa pun yang ingin melakukan perubahan nyata untuk kampung (Sumatera Barat),” tambahnya.

Menurut rencana, website www.pulangkampuang.com akan diluncurkan pada tanggal 15 Juli 2015 disertai talkshow. Acara akan diadakan di Gedung Teater Universitas Negeri Padang (UNP).

Sejumlah tokoh urang awak yang sudah berkiprah dan berkontribusi besar baik di kampung maupun rantau akan berbicara di forum itu, di antaranya: Irman Gusman (Ketua DPD RI), Irwan Prayitno (Gubernur Sumatera Barat), Alfatih Timur (Founder Kitabisa.com), Muhammad Subhan (Pegiat Komunitas Menulis), dan Erison J. Kambari (Fotografer). Beberapa nama lainnya masih dalam konfirmasi.

“Bagi teman-teman yang tertarik mengetahui Pulangkampuang.com ini, bisa mengirimkan email ke: mail.pulangkampuang@gmail.com dengan subject “Nio Ikuik”. Silakan isi nama dan nomor HP di dalam (body) email tersebut. Tim Pulangkampuang.com akan menghubungi teman-teman setelah itu,” tambah Selvin Andika. (rel)

  **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini