Sukses

6 Fakta Unik Tentang Charles Darwin

Hampir semua penghuni planet bumi mengetahui bahwa Charles Darwin adalah bapak teori evolusi.

Citizen6, Jakarta Hampir semua penghuni planet bumi mengetahui bahwa Charles Darwin adalah bapak teori evolusi. Namun pasti masih sangat sedikit yang mengetahui, bahwa laki-laki yang menganggap manusia adalah keturunan kera ini menyimpan fakta-fakta unik yang selama ini belum dipublikasi.

1. Darwin memakan setiap hewan yang ditemukan

Sewaktu kuliah di Cambridge University, Darwin bergabung dengan "Gourmet Club," yang mengadakan pertemuan seminggu sekali untuk mencoba kuliner ekstrim. Biasanya menu yang disajikan adalah binatang yang jarang ditemukan. Misalnya elang, dan sejenis burung bangau. Ia juga pernah memakan burung hantu dan menurutnya, rasanya unik, tak terlukiskan.  

Kecenderungan untuk mencoba  memakan binatang aneh ini terus berlanjut saat ia melakukan pelayaran, ia tanpa ragu  memakan armadillo dan agoutis, sejenis tikus yang menurut Darwin dagingnya sangat enak. 

Di Patagonia, Amerika Selatan, Darwin memakan puma dan burung unta. Di Galapagos, Darwin makan Iguana dan kura-kura raksasa. Darwin sangat menyukai kedua daging reptile tersebut.   

2. Sebenernya Darwin ingin menjadi Dokter.

CIta-cita masa bocah kadang memang suka berubah ketika dewasa, begitu juga dengan Darwin.  Keinginan untuk menjadi dokter terpaksa dikubur dalam-dalam karena dia ternyata tidak tahan melihat darah. Karena itu ia memutuskan belajar tentang ketuhanan dan bukan menjadi seorang naturalist.

3. Dianggap tak mampu karena bentuk hidung

Seorang kapten kapal HMS Beagle bermaksud melakukan ekspedisi  ke Amerika Selatan namun ia takut stress dan kesepian jika berangkat sendirian. Karena itu dia mencari teman ilmuwan yang bisa membantu surveynya. Para professor di Cambridge merekomendasikan seorang pemuda yang berusia 22 tahun, dia adalah Charles Darwin.

Ayah Darwin keberatan karena ekspedisi tersebut akan memakan waktu beberapa tahun. Namun paman Darwin berhasil membujuknya lalu membiayai keberangkatan perjalanan tersebut.

Namun awalnya ternyata sang professor meragukan kemampuannya untuk bisa melakukan ekspedisi ini karena bentuk hidung Darwin. Seperti dikutip neatorama.com menurut professor tersebut, hidung darwing menggambarkan ketidakmampuan melakukan perjalanan jauh.

4. Dapat Hadiah ulang tahun berupa gunung

Tepat di ulang tahunnya ke 25 pada 12 februari 1834, Captain FitxRoy menamai sebuah Gunung tertinggi di Tierra del Fuego dengan namanya,

Pada tahun-tahun awalnya, Darwin dan teman seperjalanannya berada di sebuah pulau kecil di kepulauan Tierra del Fuego saat sekumpulan es meluncur menuju laut dan menyebabkan gelombang yang besar. Darwin berlari ke tepi pantai untuk menyelamatkan kapalnya. Dan untuk menyelamatkan semua orang yang terdampar tempat itu dinamai Darwin Sound.

Nama Darwin juga dipakai sebagai nama gunung yang berlokasi di California, Tasmania dan Antartika

5. Darwin menikahi sepupunya sendiri

Charles Darwin adalah orang yang logis dalam melakukan pendekatan terhadap isu-isu penting tentang perkawinan yang dianggapnya akan membuatnya menjadi masalah.

Sebelum menikahi sepupunya sendiri, Emma Wedgwood dia membuat detail daftar hal-hal negatif dan positif jika menikah dengan perempuan tersebut sebelum memutuskan.

6. Darwin Sakit-sakitan sampai usia tua

Setelah kembali dari Amerika Selatan , Darwin menderita penyakit yang membuatnya sangat lemah. Untuk menyembuhkan penyakitnya ini ia mendatangi 20 dokter, namun tak satupun yang berhasil menemukan apa penyebab sakitnya,  

Selama bertahun-tahun bersama isterinya Emma,  ia melakukan  terapi  untuk membantu mengurangi gejala sakitnya.  

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.