Sukses

7 Kebiasaan Orang Indonesia Ini Sebabkan Penyakit Bagi Orang Lain

Kebiasaan-kebiasaan orang Indonesia berikut sebenarnya sebabkan penyakit bagi orang lain

Citizen6, Jakarta Selain ramah tamah, orang Indonesia ternyata mempunyai kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kesehatan. Parahnya kebiasaan tersebut sudah menjadi hal yang lumrah terjadi di negeri kita ini. Umumnya masyarakat Indonesia tak menyadari dampak yang timbul diakibatkan karena kebiasaan buruk tersebut sehingga sampai saat ini masih saja dilakukan.

Meskipun sepele, 7 kebiasaan orang Indonesia ini ganggu kesehatan. Tidak hanya mengganggu kesehatan bagi pelakunya akan tetapi mempengaruhi kesehatan orang lain. Berikut kebiasaan-kebiasaan orang Indonesia yang mengganggu kesehatan dan masih banyak ditemui pada kehidupan sehari-hari:

1. Meludah dan buang dahak sembarangan

Dahak memang sangat mengganggu tenggorokan. Akan tetapi mengeluarkan dahak disembarang tempat dapat menyebarkan kuman tersebut ke berbagai tempat sekitarnya. Bahkan melalui droplet atau bercak dahak berbagai jenis kuman penyakit bisa menular.

Begitu pula dengan meludah sembarangan. Kuman dari mulut seseorang akan dengan mudah menyebar ke area sekitar tempat meludah. Namun sayang, orang Indonesia masih saja meludah dan mengeluarkan dahak sembarangan. Hingga dibeberapa tempat umum seperti mall dan lapangan futsal, harus dipasang pengumuman yang berisi “jangan meludah sembarangan”.

2. Membuang sampah sembarangan

Sadar atau tidak, kita sebagai orang Indonesia masih sering melakukan kebiasaan buruk ini, membuang sampah sembarangan. Meski tersedia tempat sampah didekatnya, tak jarang orang Indonesia dengan cueknya meninggalkan sampah begitu saja tidak pada tempatnya.

Akibatnya, beberapa macam sampah dapat membusuk, lalu dihinggapi lalat dan serangga lain dan akan menyebarkan kuman. Kuman dari sampah tersebut bisa saja menjadi penyebab berbagai penyakit di lingkungan sekitar kita.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Ari Tunsa

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.