Sukses

Menu Maksi: Cakalang Pampis ala Manado

Untuk menu makan siang kali ini, kita akan mencoba membuat masakan khas dari tanah Manado

Citizen6, Jakarta Cakalang pampis adalah salah satu masakan tradisional yang berasal dari Manado - Sulawesi Utara. Sajian ini berupa ikan cakalang yang disuwir-suwir dengan bumbu khas Manado. Seperti yang kita ketahui bahwa masakan Manado sebenarnya bumbunya cukup sederhana tapi kaya akan rempah daun. Hal ini yang membuat cita rasanya jadi luar biasa enak.

Untuk membuat pampis, sebenarnya tidak harus menggunakan ikan cakalang. Kita bisa memakai ikan yang mempunyai daging tebal dan durinya sedikit, contohnya adalah tongkol. Selain itu kita bisa memakai tenggiri atau kakap bila suka. Di Manado, ikan cakalang selain banyak diolah menjadi cakalang pampis, sering juga diolah menjadi cakalang fufu atau cakalang asap. Sedangkan menu cakalang pampis ini juga bisa digunakan sebagai isian jajanan khas Manado, diantaranya adalah lalampa dan panada.

Inspirasi memasak memang bisa datang dari mana saja. Salah satunya menurutku ya datang pada saat kita berbelanja. Beberapa hari yang lalu ketika berbelanja di pasar tradisional, aku lihat ada ikan cakalang yang masih terlihat segar. Yang terbayang saat itu adalah menu cakalang pampis yang syedap ini hehehe.

Cakalang pampis yang dimasak kering dan ditempatkan di wadah kedap udara serta disimpan di kulkas bisa jadi menu darurat di kala malas masak lho. Cukup panaskan sebentar dan sajikan bersama nasi hangat, hmmm....menu daruratnya bisa bikin nambah-nambah hehehe. 

Bahan :

  • 2 ekor ikan cakalang ukuran sedang (kurleb 1 kg)
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • 10 helai daun jeruk, buang tulang daunnya dan iris halus
  • 2 helai daun kunyit, iris halus
  • 2 helai daun pandan, iris halus
  • 1 genggam daun kemangi garam dan gula pasir secukupnya
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :

  • 12 butir bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 5 cabe merah keriting
  • 5 cabe merah besar
  • 5 cabe rawit
  • 2 cm jahe
  • 2 cm kunyit

Cara Membuat :

- Bersihkan ikan cakalang, kemudian kukus hingga matang selama kurang lebih 30 menit. Dinginkan dan suwir-suwir. Sisihkan. Berat bersih setelah disuwir ini kurleb 300 gr. 

- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga matang dan harum. Pastikan bumbu ditumis hingga matang ya agar nanti aroma bumbu tidak langu. Bisa ditambahkan minyak seperlunya apabila minyak sudah menyusut sementara bumbu belum matang.

- Masukkan serai, daun pandan, daun kunyit dan daun jeruk. Aduk hingga rata.

- Bumbui dengan garam dan gula pasir.

- Masukkan ikan suwir. Aduk rata dan test rasa. 

- Masak hingga bumbu meresap dan ikan menjadi kering. Sesaat sebelum diangkat, masukkan daun kemangi dan masak sebentar hingga daun kemangi layu.

- Angkat dan siap disajikan.

Alhamdulillah...terasa nikmat sekali. Menurutku paling enak kalau cakalang pampis ini dimasak super pedas seperti halnya khas Manado. Tapi karena anak-anak juga ikut ngicipin, jadi aku gak bisa bikin yang super pedas. Gini aja udah enak kok.

Sekilas cakalang pampis ini mirip dengan abon ikan ya, tapi kalau abon teksturnya lebih halus lagi dan tentunya lebih kering. Menu ini bisa disajikan dengan salah satu sayuran khas Manado, yaitu rica rodo.

Dulu pernah sih posting fotonya di menu orderan, tapi ternyata belum ditulis resepnya ya hehehe. Kalau kemarin udah gak sempat lagi foto-foto rica rodo. Eh ya...kalau membuat cakalang pampis dalam jumlah banyak, selain bisa disimpan dan dijadikan stok makanan, bisa juga dijadikan lalampa atau panada. In shaa Allah...semoga nanti bisa posting juga saat membuat lalampa.

Ingin mencoba resep-resep lezat lainnya? Cek di sini

Pengirim:

Bunda Nina

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.