Sukses

Jadi Kontroversi, Iklan yang Menampikan Sepasang Cowok Bermesraan

Iklan ini menuai kontroversial di Filipina hingga menimbulkan viral.

Citizen6, Jakarta Sebuah merk baju di Filipina mengeluarkan sebuah kampanye berjudul “Love All Kinds of Love” yang menampilkan berbagai jenis cinta. Tak hanya pasangan straight, iklan ini juga menampilkan pasangan gay Vince Uy dan Nino Gaddi, beserta pasangan lesbian Ana Paredes dan Carla Pena. 

Akan tetapi, ketika foto untuk kampanye tersebut diwujudkan dalam bentuk  billboard di pasang di Manila, tangan dua orang pria yang berpegangan tersebut ternyata disensor dengan cat warna hitam.

However, on EDSA in Metro Manila, Uy and Gaddi's hands were painted over with black paint.

Sensor tersebut ternyata memancing reaksi banyak orang. Menurut beberapa orang, seharusnya jika memang kampanyenya adalah untuk menampilkan berbagai jenis cinta, iklan tersebut tak perlu disensor. Onliner yang protes pun membuat hastag #PaintTheirHandBack. Tak hanya itu, muncul berbagai versi foto tersebut yang dikreasi ulang oleh banyak orang tanpa sensor.

Dimulai dari Rob Cham yang mengajak onliner untuk mengikuti kampanye #PaintTheirHandBack, fotonya yang menggambar kembali tangan kedua orang tersebut dengan tangan Mickey Mouse menjadi viral dan diikuti banyak orang. Hingga kini sudah banyak orang yang menggambar ulang foto tersebut. Rob Cham pun mengumpulkan gambar tersebut di akun facebook miliknya.




Filipina sendiri sebenarnya merupakan negara yang cukup terbuka terhadap isu-isu LGBT. Akan tetapi, di beberapa tempat di Filipina memang masih sering terjadi bully-ing terhadap LGBT. Sensor tersebut menunjukkan bahwa di beberapa tempat, isu LBGT masih merupakan tabu.

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini