Sukses

Hanya Butuh 1 Bumbu Dapur, Begini Cara Tangkap Cicak Tanpa Jebakan

Seorang warganet YouTube membagikan cara simpel dan efektif untuk menekan populasi cicak di rumah. Mari simak Penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Cicak menjadi salah satu serangga yang cukup mengganggu. Kotorannya seringkali menumpuk di celah-celah area rumah, sehingga sulit dijangkau untuk dibersihkan.

Oleh karena itu, banyak orang menggunakan obat serangga atau jebakan untuk membasmi cicak di rumah. Namun, penggunaan kedua bahan tersebut akan mematikan cicak dan berakhir menjadi bangkai yang menimbulkan bau menyengat.

Sebagai alternatifnya, kanal YouTube Ide Kreatif Channel membagikan tips membuat cicak pingsan agar bisa dibuang tanpa menimbulkan bau. Berikut caranya, dirangkum pada Senin (20/5/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Bahan dan Peralatan

Siapkan beberapa bahan dan peralatan berikut ini:

  • Lidi (sesuaikan jumlahnya dengan kebutuhan)
  • Benang jahit
  • Air
  • Penyedap rasa 
  • Tembakau 
3 dari 11 halaman

Larutkan Penyedap Rasa

Pertama, ambil sedikit air, kira-kira setengah gelas. Kemudian larutkan bubuk kaldu atau penyedap rasa. 

4 dari 11 halaman

Ikat Lidi dengan Benang

Kedua, siapkan potongan benang jahit dengan ukuran sekitar 15-30 cm. Kemudian, ikatkan benang di ujung lidi hingga terlihat seperti alat pancing.

5 dari 11 halaman

Gunakan Umpan Tembakau

Ketiga, ambil sejumput tembakau dan tekan-tekan hingga memadat satu sama lain. Lalu, ikat padatan tembakau tersebut dengan ujung benang sebagaimana memasang umpan pada pancing.

6 dari 11 halaman

Umpan Siap Digunakan

Terakhir, celupkan umpan tembakau tadi ke larutan penyedap rasa dan taruh di tempat-tempat yang kerap dilewati cicak. Ini akan membuat cicak lunglai sehingga bisa segera diambil dan dibuang tanpa menimbulkan bau menyengat.

7 dari 11 halaman

Beberapa Pertanyaan Warganet Seputar Cicak

8 dari 11 halaman

Berapa Lama Waktu Hidup Cicak?

Secara umum, cicak memakan serangga dan sering ditemukan di sekitar sumber cahaya buatan seperti lampu. Beberapa spesies cicak tidak hanya memakan serangga kecil tetapi juga mengonsumsi sisa makanan manusia. Umur cicak berkisar sekitar 5 tahun.

9 dari 11 halaman

Apa yang Berbahaya dari Cicak?

Menurut laporan dari Pest Clinic, cicak bisa membawa bakteri seperti salmonella yang dapat mengakibatkan keracunan makanan. Lebih lanjut, kotoran cicak juga bisa berbahaya karena kontaminasi dari serangga yang sering menjadi makanannya dan bisa membawa penyakit.

10 dari 11 halaman

Kenapa di Rumah Banyak Cicak?

Cicak memerlukan air, sehingga jika rumah berada dekat dengan sumber air seperti kolam atau danau, atau ada area yang lembap di dalam rumah, kemungkinan besar cicak akan tertarik ke tempat tersebut.

11 dari 11 halaman

Berapa Lama Cicak Berkembang Biak?

Telur cicak membutuhkan waktu antara 40 hingga 60 hari untuk menetas dalam proses perkembangbiakannya. Selama periode tersebut, kondisi lingkungan sekitar tempat cicak tinggal dapat mempengaruhi jenis kelamin anak cicak yang akan menetas. Umur cicak rata-rata mencapai 10 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.