Sukses

Dibalik Legenda Daun Semanggi Empat

Percayakah kamu akan keajaiban yang dimiliki oleh Daun Semanggi Empat?

Liputan6.com, Jakarta Daun Semanggi Empat atau Four Leaf Clover ini memiliki nama latin Trifolium repens. Tanaman yang aslinya berasal dari Eropa ini biasa dijuluki White Clover yang tumbuh dari bulan Juni hingga September. Pada umumnya daun Semanggi ini memiliki tiga heai daun saja, Four Leaf Clover adalah daun Semanggi yang memiliki empat helai daun yang menjadikannya unik dan langka. Kemungkinan untuk bisa menemukannya dengan perbandingan 1:10.000.

Daun dengan dominasi warna hijau dan bercak hitam ini kecil ini menjadi salah satu tanaman yang dilindungi oleh PVPA 1994 atau Plant Variety Protection Act. Legenda menyebutkan bahwa Four Leaf Clover dapat membawa keberuntungan tetapi kamu tidak bisa membiakkan, menanam atau menjualnya sembarangan tanpa persetujuan PVPA.

Sebuah kisah menyebutkan bahwa jika seorang perempuan menggantung Four Leaf Clover di depan pintu rumahnya niscaya akan ada seorang pria yang akan datang ke rumahnya dan dipercaya menjadi jodohnya. Daun Semanggi Empat ini menjadi lambang khas Irlandia yang disebut dengan shamrock dan dipercaya akan membawa keberuntungan serta kebahagiaan. Setiap helai daun dari Four Leaf Clover ini melambangkan Faith (Kepercayaan), Hope (Harapan), Love (cinta), dan Luck (keberuntungan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini