Sukses

Bekasi Mencipta 12 Macam Motif Batik

Citizen6, Jakarta Kota Bekasi- demi meningkatkan ciri khas kebudayaan yang ada di Kota Bekasi, kini Kota Bekasi meluncurkan 12 pakem motif batik yang telah dinamai dengan Batik Bekasi. Peluncuran batik Bekasi ini telah diresmikan oleh Walikota Bekasi, Rahmat Effendi dan Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu. Peluncuran 12 pakem batik Bekasi ini bersamaan dengan HUT Kota Bekasi yang ke-17 dan juga dihadiri oleh Abang Mpok Kota Bekasi sebagai Duta Wisata Kota Bekasi dan Putera Puteri Kartini sebagai Duta Remaja Kota Bekasi. Acara peresmian batik Bekasi ini diadakan di Lapangan Pemerintah kota Bekasi.
 
peluncuran batik Bekasi yang dihadiri Walikota dan Wakil Waliota serta Abang Mpok Kota Bekasi dan Putera Puteri Kartini. Dok : Bekasi Urban City

Wakil Walikota Bekasi, Ahmad Syaikhu ingin dengan adanya 12 pakem batik khas Bekasi, pemerintah kota Bekasi akan menjalankan pemanfaatan batik Bekasi baik di kalangan pemerintah, maupun di sekolah – sekolah yang ada di kota Bekasi dimana nantinya murid-murid atau guru yang ada disekolah tersebut bisa menggunakan batik Bekasi dan membuat masyarakat bangga apabila menggunakan batik Bekasi ini.

Rio Damaris sebagai ketua Komunitas Batik Bekasi berharap batik Bekasi bisa lebih di produksi dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk menjadikan batik Bekasi sebagai komoditi utama sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan dapat melestarikan budaya Kota Bekasi.
 Ke Dua Belas pakem batik Bekasi ini terbagi kedalam 5 kategori yaitu :
•    Flora (dintaranya Bambu,Buah Kecapi,Bunga Melati dan Teratai)
•    Fauna (diantaranya Ikan Gabus,Lele,Ikan Sepat dan Ikan Betik)
•    Sejarah (diantaranya Gedung Juang Tambun,Kali Bekasi,Monumen Perjuangan dan Bambu Runcing)
•    Budaya (diantaranyaTari Topeng,Legenda Rawa Tembaga, permainan anak seperti Benteng serta Tanidor,dan
•    Batik Terang warna Hijau Lumut,Hijau Daun dan Merah Tanah.

Penulis:

Rachmatya.
Twitter : @tyarach8
IG : tyarach
 

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.
 

Live Streaming EMTEK GOES TO CAMPUS 2018 di Surabaya

Tutup Video