Sukses

Kerennya Pelepasan Lampion di Hari Waisak 2014

Prosesi akhir Vesak yang paling di nanti-nanti oleh turis yaitu pelepasan seribu lampion sebagai tanda penutupan ritual Tri Suci Waisak.

Citizen6, Jakarta Perayaan Waisak merupakan hari yang disucikan dan dan dimuliakan umat Buddha di seluruh dunia, perayaan Vesak di Indonesia biasanya berpusat di kawasan Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah. Kemarin, Kamis 15 Mei 2014 perayaan yang diperingati tiap tahun itu pun berjalan dengan sakral.

Umat Buddha menjalankan proses demi proses dengan suasana khusyuk, para umat duduk bersila diam dengan sikap tangan anjali. Setiap tahunnya perayaan Vesak selalu menjadi perayaan yang menarik minat turis lokal maupun turis asing untuk datang ke Borobudur. Beberapa dari mereka tertarik mengikuti proses dari awal sejak Rabu 14 Mei 2014.

Prosesi akhir dari perayaan ini yang paling di nanti-nanti oleh turis yaitu pelepasan seribu lampion sebagai tanda penutupan ritual Tri Suci Waisak 2558 EB / 2014. Dalam penutupan ritual tersebut suasana sakral terasa saat lampion-lampion dilepaskan ke langit pada malam hari.

Perayaan Vesak juga meramaikan linimasa, mulai dari ucapan selamat dari para Tweeple untuk para umat Buddha yang merayakannya, hingga postingan foto para Tweeple saat mengikuti prosesi pelepasan lampion di Borobudur.

(Foto: @Runners_JKT)

(Foto: @Dmzbayu)

(Foto: @swaragamafm)

Sayangnya tahun ini para Tweeple tidak bisa melihat prosesi pelepasan lampion secara dekat karena hanya para tamu undangan dan umat Buddha saja yang boleh mendekati candi Borobudur. Hal ini dikarenakan pada perayaan tahun 2013, prosesi Vesak di Borobudur berjalan dengan kacau sebab para turis melanggar peraturan seperti beberapa fotografer amatir yang melewati garis khusus umat Buddha yang sedang berdoa. 

Menurut umat Buddha, Pelepasan lampion ke angkasa merupakan simbol penyampaian doa-doa dan harapan kepada sang Buddha untuk kebaikan umat manusia di masa yang akan datang.

Penulis:
Yulia Yulee

Baca Juga:

Almira Yudhoyono pun Demam Lagu `Let It Go' Frozen

Perempuan ini "Pede" Luar Biasa, tapi Dibenci

Fotografer Ini Memadukan Adegan Film dengan Objek yang Difotonya 

Disclaimer

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com.

Mulai Selasa, 9 Mei  2014 sampai dengan 25 Mei 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Pengalaman Pertama Berinternet". Ada 2 router DLink (DIR-605L) untuk 2 orang pemenang  dan 4 merchandise ekslusif dari Liputan6. com. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @DlinkID

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.