Sukses

Kumpulan Hoaks Terkait Dubai, dari Bencana Alam sampai Perayaan Keagamaan

Cek Fakta Liputan6.com mengungkap informasi bohong di wilayah tersebut dikaitkan dengan beragam isu mulai dari bencana alam hingga perayaan keagamaan.

Liputan6.com, Jakarta- Hoaks seputar Dubai beredar di media sosial, Cek Fakta Liputan6.com mengungkap informasi bohong di wilayah tersebut dikaitkan dengan beragam isu mulai dari bencana alam hingga perayaan keagamaan.

Berikut daftar hoaks seputar Dubai.

Unta Hanyut saat Banjir di Dubai

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video unta hanyut saat banjir di Dubai, informasi tersebut diunggah salah satu akun Facebook, pada 20 April 2024.

Unggahan klaim video unta hanyut saat banjir di Dubai diawali dengan tayangan sapi yang hanyut di aliran air.

Dalam tayangan video tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"Banjir Bandang DIBliter Menghanyutkan Sapi Dan Kerbaukalau Banjir di ABUDABI MENGHANYUTKAN UNTA

JAGALAN LINGKUNGAN MUBUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA JANGAN LAKUKAN PENEBANGAN HUTAN SECARA LIAR"

Kemudian dilanjutkan dengan tayangan sejumlah unta yang berada di tengah perairan, tayang lain menampilkan beberapa ekor unta terjebak di arus air yang mengalir deras.

Dalam tayangan tersebut terdapat tulisan sebagai berikut.

"The other side of Dubai The desert.

Animals in the flood".

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Kalo ditempatq banjir yg hanyut sapi kambing ayamKalo diabudabi ya unta#gajiandrfb #suparman #superman#ryangarcia #poledance #bikini #abudabi #burjkalifah #banjirdubai#uk #timesquare #oneprade #happyholiday #vollyball #mancingmania #winter #jetski#jepang #hongkong #ponorogo #uk #bolliwod #holywod"

Benarkah klaim video unta hanyut saat banjir di Dubai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini.....

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Video Robot Bodyguard Kawal Raja Bahrain di Dubai

Beredar di media sosial postingan video yang menyebut Raja Bahrain dikawal bodyguard berbentuk robot saat tiba di Dubai. Postingan itu menyebar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Januari 2022.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 30 detik bergambar robot yang sedang berjalan dengan seseorang yang disebut Raja Bahrain.

Postingan video itu disertai narasi:

"Raja Bahrain tiba d Dubai dengan robot bodyguardnya. Bisa 6 bahasa, menyelamatkan dia dr kerusuhan ( digendong) . Bisa berantem, ngejar, nembak. Robotnya punya alat kejut listrik, 360 drajat sistem kamera juga infrared kamera. 3 buah senjata mesin tersembunyi dengan amunisi yg cukup untuk melawan 1050 org, dan senjata api sniper laser. Juga membawa obat2an dan air. Bodyguard robot seharga .4 juta US."

Lalu benarkah postingan video yang menyebut Raja Bahrain dikawal bodyguard berbentuk robot saat tiba di Dubai? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com dalam halaman berikut ini......

3 dari 4 halaman

Foto Bandara Dubai Sedang Berhias Sambut Natal

Beredar di media sosial postingan terkait foto Bandara Dubai yang sedang berhias menjelang perayaan Natal. Postingan tersebut ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun yang mengunggahnya adalah bernama Dev Shrestha. Dia mempostingnya pada 22 Desember 2020.

Dalam postingannya terdapat foto landasan udara pada malam hari dengan lampu yang membentuk pohon Natal.

Ia juga menambahkan narasi "Dubai airport runway decorated with Christmas tree" atau dalam Bahasa Indonesia "Bandara Dubai mendekorasi runwaynya dengan pohon Natal"

Lalu benarkah postingan foto yang menyebut Bandara Dubai menghias landasannya dengan pohon Natal? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini......

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini