Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Robot Bodyguard Kawal Raja Bahrain di Dubai

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan video yang menyebut Raja Bahrain dikawal bodyguard berbentuk robot saat tiba di Dubai. Postingan itu menyebar sejak beberapa hari lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 15 Januari 2022.

Dalam postingannya terdapat video berdurasi 30 detik bergambar robot yang sedang berjalan dengan seseorang yang disebut Raja Bahrain.

Postingan video itu disertai narasi:

"Raja Bahrain tiba d Dubai dengan robot bodyguardnya. Bisa 6 bahasa, menyelamatkan dia dr kerusuhan ( digendong) . Bisa berantem, ngejar, nembak. Robotnya punya alat kejut listrik, 360 drajat sistem kamera juga infrared kamera. 3 buah senjata mesin tersembunyi dengan amunisi yg cukup untuk melawan 1050 org, dan senjata api sniper laser. Juga membawa obat2an dan air. Bodyguard robot seharga .4 juta US."

Lalu benarkah postingan video yang menyebut Raja Bahrain dikawal bodyguard berbentuk robot saat tiba di Dubai?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan mengetik kata kunci "king of bahrain robot bodyguard" di mesin pencarian Google.

Hasilnya ada artikel dari Indiatimes.com berjudul "King Of Bahrain Arrives In Dubai With Huge Robot Bodyguard? Not Exactly True" yang tayang 15 Agustus 2020.

Dalam artikel dijelaskan video tersebut merupakan kejadian di Abu Dhabi International Defence Exhibition (IDEX) tahun 2019. Robot yang berjalan bernama Titan dan sedang berjalan menyapa pengunjung.

Titan sendiri menjadi salah satu sorotan utama pengunjung selama pameran tersebut berlangsung. Tak heran videonya viral meski dengan narasi yang salah.

Titan merupakan robot dengan tinggi delapan kaki dan mempunya berat 60 kg. Titan sendiri dikembangkan oleh perusahaan asal Inggris Cyberstain dan kerap hadir dalam sejumlah pameran internasional.

Adapun Raja Bahrain Hamad bin Isa Al Khalifa fotonya seperti di bawah ini.

Cek fakta Raja Bahrain dikawal robot

Sumber:

https://www.indiatimes.com/technology/news/king-of-bahrain-titan-robot-fact-check-520355.html

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-not-king-bahrain-in-dubai-automaton-bodyguard-1712063-2020-08-17

https://gulfnews.com/uae/video-meet-titan-the-robot-greeter-in-abu-dhabi-1.1550468919750

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan video yang menyebut Raja Bahrain dikawal bodyguard berbentuk robot saat tiba di Dubai adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.